<i>Update</i> Ranking BWF 2022 Setelah Japan Open 2022
Update Ranking BWF (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bicara soal update ranking BWF setelah Japan Open 2022 usai kini telah dirilis. Sejumlah pebulu tangkis Indonesia bahkan berhasil membenarkan peringaktnya di ranking BWF. Salah satunya dialami ganda putri yang baru diduetkan tahun ini, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Ya, kancah Japan Open 2022 telah selesai dihelat pada Pekan 4 September 2022. Pembaruan ranking bahkan terjadi sesudah menjelang minggu kelima pencairan ranking BWF yang diawali semenjak permulaan Agustus 2022.

Update Ranking BWF

Badminton (Unsplash)
Badminton (Unsplash)

 

Ganda Putra

Dari daftar ranking yang dirilis BWF pada Selasa (6/9/2022), ganda putra senior Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, tergusur satu peringkat ke ranking empat dunia. Mereka mengoleksi 98.845 nilai kiki.

The Daddies -julukan Ahsan/Hendra- digeser oleh jagoan Taiwan, Lee Yang/Wang Chi Lin, yang naik ke posisi ketiga. Namun, pasangan andalan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya, masih mempertahankan peringkat pertama dunia.

Posisi Marcus/Kevin aman, meskipun mereka gugur di babak 16 besar turnamen super 750 itu. The Minions –julukan Marcus/Kevin- berada di atas jagoan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, yang mengikuti di posisi kedua.

Semacam Itu pula dengan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, yang belum beranjak dari peringkat enam dunia. Mereka ketinggalan sekira 5.000 skor dari pemenang dunia 2022 asal Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, yang ada di daerah kelima.

Kemudian, tiga pasangan muda Tanah Air, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, juga tidak mengalami perubahan ranking minggu ini. Mereka masing-masing konsisten berada di posisi 14, 18, dan 20 dunia.

Tunggal Putra

Beralih ke sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting, juga turun satu daerah ke posisi enam dunia. Ia mengoleksi 89.879 skor berakhir tidak datang di Japan Open 2022 sebab cedera.

Jawara Singapore Open 2022 itu disalip oleh bintang Taiwan, Chou Tien Chen. Di Japan Open 2022, Chou dikenal berhasil menjadi runner-up turnamen bulu tangkis paling elite di Negeri Sakura itu.

Lalu, Jonatan Christie yang melaju sampai babak perempatfinal Japan Open 2022 masih menetap di posisi ranking delapan dunia dengan 79.662 skor. Sementara itu, peringkat satu dunia masih dikontrol oleh Viktor Axelsen (Denmark), yang tidak hadir pada turnamen itu sebab permasalahan kebugaran.

Ganda Putri

Menengok sektor ganda putri, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China) masih memperoleh takhta tertinggi dengan koleksi 112.466 poin. Di belakang mereka, ada dua pasangan Korea Selatan, Lee So Hee/Shing Seung Chan dan Kim So Yeong/Kong He Yong.

Tetapi, dua pasangan ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, sukses meroket di minggu kelima pencairan ranking BWF. Mereka mendapatkan cukup banyak skor tambahan sesudah sama-sama melaju sampai perempatfinal Japan Open 2022.

Prifad -sebutan Apriyani/Fadia- sukses naik sembilan peringkat untuk mengisi ranking 31 dunia dengan torehan 45.690 skor. Meskipun Ana/Tiwi -sapaan Febriana/Amalia, mereka naik enam daerah ke urutan 36 dunia.

Tunggal Putri

Kemudian, di sektor tunggal putri, Akane Yamaguchi (Jepang), merebut posisi ranking satu dunia dari tangan Tai Tzu Ying (Taiwan). Akane sekarang mengoleksi 112.013 {nilai|skor}.

Hasil itu tidak lepas dari keberhasilan Akane menjadi pemenang di Japan Open 2022. Ia juga menjadi pemenang di BWF World Championship 2022 sepekan sebelumnya.

Kemudian, andalan Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, masih bertahan di posisi 23 dunia. Ia mengoleksi 52.281 skor, masih berjarak sekira 26 ribu skor untuk masuk ke ranking 10 besar dunia.

Ganda Campuran

Sayangnya, di sektor ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari merosot dua peringkat ke ranking 18 dunia. Mereka sekarang mengoleksi 60.500 skor.

Demikian Itu pula dengan Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso. Mereka turun empat daerah ke ranking 31 dunia.

Namun, pasangan non-pelatnas, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, masih berada di posisi ranking lima dunia. Dikala ini, Praveen sendiri sedang cedera dan telah melewatkan sebagian turnamen terakhir.

Lalu, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, masih konsisten duduk di urutan 38 dunia. Untuk posisi tiga teratas sektor ganda campuran, tak ada perubahan yang terjadi. Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand), yang pemenang Japan Open 2022, masih menjadi pasangan nomor satu dunia.

Di tatanan kedua, ada Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China). Kemudian, ganda campuran Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino, mengisi daerah ketiga.

Setelah mengetahui update ranking BWF, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!