Posisi Kevin/Marcus di Peringkat BWF Kembali Tergerus
Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. (Dok. Situs Resmi PBSI)

Bagikan:

JAKARTA - Menurunnya performa pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berimbas kepada peringkat mereka di BWF. Kini, posisi Kevin/Marcus kembali tergerus.

Jika pada bulan September 2022, The Minions turun ke peringkat kedua, kali ini mereka turun satu posisi. Pasangan yang sebelumnya menghabiskan 214 pekan di puncak peringkat BWF, kini menempati posisi ketiga.

Kevin/Marcus tergusur pasangan Taiwan Lee Yang/Wang Chi-Lin yang mengumpulkan 96.068 poin dari 22 turnamen yang mereka ikuti sepanjang tahun ini. Sementara Minions hingga saat ini mengumpulkan 93.747 poin hasil dari 17 turnamen yang diikuti.

Juara All England dua kali tersebut dibayangi pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Juara dunia 2022 itu terpaut 3.400 poin dari Kevin/Marcus, demikian catatan BWF dikutip via Antara.

Peringkat teratas ganda putra masih dipegang pasangan Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Penurunan peringkat ini bisa dimaklumi. Pasalnya, performa Kevin/Marcus belakangan memang menurun.

Selain itu, mereka juga lebih banyak absen bertanding karena Marcus mengalami cedera. Faktor non-teknis pun jadi penyebab. Seperti diketahui, hubungan Kevin dengan sang pelatih ternyata sudah tak harmonis.

Alhasil ganda putra Indonesia tersebut belum merengkuh satu gelar pun tahun ini. Minions terakhir kali naik podium teratas pada Indonesia Open 2021.

Sementara itu, putra lainnya termasuk Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan tidak tergeser dari posisi kelima dunia, begitu pula dengan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang masih bertahan pada peringkat keenam dunia.

Setelah jeda satu bulan sejak kalah pada babak kedua Japan Open 2022, Marcus/Kevin akan kembali beraksi dalam dua turnamen Eropa Super 750, yaitu Denmark Open pada 18-23 Oktober, dilanjutkan French Open pada 25-30 Oktober.