Dokter PBSI Bicara soal Penyebab Anthony Ginting Mundur dari Japan Open 2022
Anthony Sinisuka mundur dari Japan Open 2022. (Foto: Twitter @INABadminton)

Bagikan:

JAKARTA - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting urung tampil di turnamen bulu tangkis Japan Open 2022. Dia memutuskan mundur karena cedera punggung.

Anthony seharusnya menghadapi wakil Thailand Kunlavut Vitidsarn di babak 32 besar hari ini, Rabu 31 Agustus.

"Anthony Ginting mengalami cedera punggung bawah atau kita sebut low back pain," kata dokter PBSI dr. Grace Joselini Corlesa dalam keterangan yang diterima.

Anthony sudah menjalani terapi dan tata laksana medis sejak ada keluhan pasca babak perempatfinal di Kejuaraan Dunia melawan Viktor Axelsen di Tokyo kemarin.

Menurut dr. Grace, walau terus membaik, tapi Anthony belum bisa akan maksimal. Jadi, keputusan terbaik adalah menarik diri dari turnamen BWF level Super 750 ini.

"Sampai kemarin ada progress membaik, tapi bila dipaksakan untuk bermain hasilnya pasti tidak maksimal dan bahkan resiko cederanya makin parah," tutur Grace.

Anthony sejatinya mencoba menjalani latihan selama dua hari kemarin. Namun, ia masih merasakan sakit terutama pada saat menunduk.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky akhirnya memutuskan untuk menarik keikutsertaan Anthony setelah mendengar keterangan pihak-pihak terkait.

"Saya mendengar dari pelatih Irwansyah bahwa ada satu momen ketika melawan Viktor, Ginting mencoba mengambil bola yang membuat punggungnya sakit," ujar Rionny

Anthony merupakan satu dari tiga tunggal putra yang dijadwalkan berlaga hari ini. Kedua tunggal putra lain adalah Chico Aura Dwi Wardoyo dan Jonatan Christie.