Duel Brasil Versus Argentina di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Resmi Dibatalkan, Ini Alasannya
Pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Brasil versus Argentina dibatalkan. (Foto: Instagram.com/@cbf_futebol)

Bagikan:

JAKARTA - Pertandingan antara Brasil dan Argentina di kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar zona CONMEBOL resmi dibatalkan. Keputusan itu disampaikan oleh asosiasi sepak bola masing-masing negara.

"Pertandingan Brazil-Argentina tidak akan dimainkan," kata Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF) dan Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) dalam pernyataan bersama, seperti dikutip AFP.

"AFA, CBF dan FIFA telah menyelesaikan perselisihan di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS)," lanjut pernyataan tersebut.

Duel kedua negara ini sebenarnya sudah digelar pada September lalu. Namun, laga yang berlangsung di Sao Paulo itu dihentikan saat laga berjalan tujuh menit.

Itu disebabkan pejabat kesehatan Brasil justru menyerbu lapangan. Mereka menuding adanya pelanggaran karantina COVID-19 yang dilakukan tim Argentina.

Namun dengan kepastian bahwa kedua negara lolos ke putaran final Piala Dunia Qatar 2022 pada November lalu, Brasil dan Argentina kemudian memohon pada FIFA untuk membatalkan pertandingan secara definitif.

Alasan kuat kedua negara untuk tak melanjutkan pertemuan itu adalah karena khawatir akan berdampak buruk pada persiapan Piala Dunia mereka.

Permohonan untuk tak melanjutkan laga sempat disampaikan kedua federasi pada FIFA lewat pengajuan banding. Tapi hal ini ditolak dan FIFA memutuskan bahwa permainan harus diulang dan pada bulan Mei, sementara Brasil dan Argentina harus tetap membayar denda senilai ratusan ribu dolar.

Kedua federasi kemudian membawa kasus ini ke CAS.

Seperti diketahui, Brasil lolos ke Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar dengan status juara grup. Sementara Argentina merebut tiket ke Qatar setelah menempati posisi kedua.