Ditekuk Brentford Jadi <i>Start</i> Terburuk Manchester United dalam 101 Tahun
Manchester United terpuruk (Instagram @manchesterunited)

Bagikan:

JAKARTA — Kekalahan melawan Brentford membuat Manchester United (MU) mencatat start terburuk dalam sejarah kasta tertinggi Liga Inggris dalam 101 tahun.

MU menelan kekalahan 0-4 saat memainkan pekan kedua Liga Premier Inggris 2022/2023 dalam laga tandang ke markas Brentford Gtech Community Stadium, pada Sabtu, 13 Agustus.

Itu menjadi kekalahan kedua bagi Setan Merah dalam dua pertandingan pada awal musim ini. Sebelumnya, mereka juga pulang dengan tangan kosong pada pekan pertama setelah ditekuk Brighton & Hove Albion 2-1 di Old Trafford.

Dua kekalahan itu membuat anak asuh Erik Ten Hag menempati dasar klasemen sementara saat ini. Ini adalah pertama kalinya mereka berada paling bawah di klasemen dalam tiga dekade terakhir sejak era Liga Premier dimulai 1992.

Dalam periode tiga dekade itu, kekalahan melawan Brentford bukan juga menjadi satu-satu kekalahan terburuk mereka. Mereka tercatat pernah dibuat malu oleh Chelsea dengan skor 0-5 pada 1999 dan kekalahan 1-4 di kandang dari Liverpool pada 2009.

Kemudian kekalahan 1-6 dari Manchester City pada tahun 2011 yang sangat menyakitkan. Lalu kekalahan dengan skor sama saat bermain di kandang sendiri melawan Tottenham Hotspur pada tahun 2020 lalu.

Selain itu, yang tidak terlalu mengejutkan, tetapi sama memalukannya, adalah kekalahan 0-5 saat menjamu Liverpool di Old Trafford Oktober lalu dan kekalahan 0-4 dari tim yang sama empat bulan lalu.

Namun, kekalahan dalam rentang waktu itu tidak terlalu buruk jika dibanding kekalahan melawan Brentfort. Pasalnya, tim ini bukanlah tim dengan modal pemain bertabur bintang seperti pesaing-pesaing Setan Merah lainnya di Liga Premier.

Tertinggal empat gol pada menit ke-35 hanya pada pertandingan kedua musim ini sungguh sulit dipercaya dan tidak dapat diterima. Mimpi buruk ini kemungkinan bisa berlanjut.

Pasalnya, pekan selanjutnya Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan menghadapi lawan yang lebih berat. Mereka akan menjamu Liverpool di Old Trafford pada Selasa, 23 Agustus nanti.