Bagikan:

JAKARTA - Chelsea disarankan menjual pemain-pemain gagal mereka untuk mendanai belanja pemain baru di jendela transfer musim panas ini.

Saat ini The Blues dikaitkan dengan beberapa nama. Dua nama di antaranya adalah Nordi Mukiele dari RB Leipzig dan Presnel Kimpembe dari Paris Saint-Germain (PSG).

Agar tidak perlu pusing dengan dana belanja, The Blues dinilai perlu menjual setidaknya enam pemain mereka. Nama-nama yang muncul bahkan kabarnya sudah masuk daftar jual sang pelatih Thomas Tuchel, termasuk Timo Werner.

Keenam nama yang diusulkan dijual hanya membuat 90 penampilan kombinasi musim lalu. Jadi mereka dianggap perlu dipangkas untuk memberi jalan bagi bintang baru yang lebih cocok.

Jika menjual keenam nama ini, Chelsea tak hanya akan mendapatkan dana segar untuk belanja pemain. Namun juga bisa menghemat gaji 700 ribu poundsterling per pekan atau Rp12 miliar.

Jadi, keuangan Chelsea diyakini bakal lebih sehat.

Berikut ini enam nama yang dinilai bisa dilepas Chelsea untuk menyehatkan keuangan mereka:

Timo Werner

Pemain depan asal Jerman berusia 26 tahun ini mendapatkan gaji sebesar 272.000 poundsterling (setara Rp4,89 miliar) per pekan di Stamford Bridge. Ia telah mencetak 23 gol dan memberikan 21 assist dalam 89 penampilan untuk The Blues.

Musim lalu, ia memainkan 37 pertandingan. Namun, kehebatannya di depan gawang masih agak dipertanyakan sehingga kedatangan Raheem Sterling bisa membawanya ke pintu keluar.

Malang Sarr

Mendapat kontrak 120.000 poundsterling (sekitar Rp2,1 miliar) per pekan dan membuat 21 penampilan musim lalu. Prospeknya di London kini terbuka setelah kepergian Antonio Rudiger dan Andreas Christensen.

Namun, kedatangan Kalidou Koulibaly dan potensi akuisisi Kimpembe bisa membuat waktu pemain berusia 23 tahun itu di London barat berakhir.

Michy Batshuayi

Michy Batshuayi adalah salah satu pemain yang mungkin dilupakan para penggemar Chelsea. Pemain depan asal Belgia ini digaji 69.000 poundsterling (setara Rp1,2 miliar) per minggu.

Ia menghabiskan musim lalu dengan status pinjaman di Besiktas dan mencetak 14 gol. Ia tidak bermain untuk The Blues sejak musim 2019/2020 sehingga potensinya pergi terbuka.

Ross Barkley

Ross Barkley menjadi pemain Chelsea sejak 2018 ketika ia bergabung dari Everton seharga 15 juta poundsterling. Namun, dalam empat tahun itu dia hanya mencetak 12 gol dan hanya 17 kali tampil dalam dua musim terakhir di tengah masa pinjaman ke Aston Villa.

Mason Mount dan Ruben Loftus-Cheek sejauh ini lebih banyak dipercaya dibanding Barkley yang menerima gaji 96 ribu poundsterling (sekitar Rp1,7 miliar) per minggu. Untuk itu, transfer tampaknya menjadi satu-satunya pilihan.

Kennedy

Pemain Brasil ini terikat kontrak dengan Chelsea sejak 2015. Namun, ia lebih banyak menjalani karier sebagai pemain pinjaman ke Watford, Newcastle, dan Flamengo.

Ia sejauh ini hanya 30 kali tampil bersama The Blues, termasuk tiga pertandingan musim lalu. Namun, ia diupah 25 ribu poundsterling (senilai Rp449 juta) sepekan. Ia perlu mencari klub baru untuk membangun karier.

Kepa Arrizabalaga

Kepa Arrizabalaga tetap menjadi penjaga gawang termahal dalam sejarah dengan harga 71 juta poundsterling. Namun, ia sekarang menjadi pemain nomor dua setelah Edouard Mendy.

Dia bermain hanya empat kali di Liga Premier musim lalu sehingga tidak menutup kemungkinan Chelsea akan menguangkan kiper dengan gaji 155 ribu pound (sekitar Rp2,75 miliar) per minggu ini.