Pelatih Timnas Indonesia U-16 Terapkan Aturan Ketat Menuju Piala AFF, Demi Wujudkan Kedisiplinan Tinggi
Staf pelatih Timnas Indonesia U-16. (Foto: Instagram.com/@pssi)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, menginginkan kedisiplinan yang tinggi pada anak asuhnya jelang tampil di Piala AFF U-16 2022. Aturan ketat pun diterapkan demi mewujudkan keinginan itu.

Hal-hal kecil tak luput dari perhatian Bima Sakti, di antaranya adalah soal disiplin waktu, masalah seragam, makan bersama hingga melaksanakan ibadah bersama. Salah satu hal yang paling ditekankan adalah penggunaan gadget.

"Masalah jam-jam istirahat kita juga berikan aturan. Jam 9 malam harus istirahat semuanya karena mereka punya tugas dan tanggung jawab kita besar sekali," kata Bima Sakti di Youtube PSSI.

"Kami harus mulai dari hal yang kecil, masalah disiplin, makan, dan penggunaan HP (handphone) juga kami hanya berikan mereka waktu selama empat jam sehari,” Bima Sakti melanjutkan.

Aturan penggunaan gadget ini diharapkan bisa menjaga fokus para pemain ketika menjalani agenda yang diberikan.

"Itu (pembatasan waktu) untuk mengontrol mereka agar tetap fokus saat latihan latihan dan tujuan untuk memberikan yang terbaik di Piala AFF U-16 tahun ini," bebernya.

Meski menerapkan aturan yang ketat, Bima Sakti tetap mengedepankan sisi humanis dan terpola.

Saat ini timnas U-16 telah menjalani pemusatan latihan di Yogyakarta mulai 12 Juli lalu. Sejumlah agenda laga uji coba telah dijadwalkan, termasuk melawan PSS Sleman U-16 dan Porprov DIY.

Di Piala AFF U-16 2022, Indonesia masuk ke Grup A dan bersaing dengan Vietnam, Singapura, dan Filipina. Skuad Garuda Muda akan mulai menjalani babak penyisihan pada 31 Juli mendatang.

Filipina akan menjadi lawan pertama Indonesia di babak penyisihan grup. Tiga hari berselang, tim Merah Putih akan menjajal Singapura sebelum ditantang Vietnam.