Nova Arianto Pasang Standar Kriteria Saat Pimpin Latihan Perdana Timnas Indonesia U-16
Nova Arianto, pelatih Timnas Indonesia U-16 (VOI/Ulfa Gusti).

Bagikan:

JAKARTA - Nova Arianto mendapat tanggung jawab baru sebagai pelatih Timnas Indonesia U-16. Asisten pelatih Shin Tae-yong itu langsung memimpin latihan perdana yang digelar Senin, 19 Februari 2024 di Lapangan Senayan, Jakarta.

Komposisi Indonesia U-16 di bawah asuhan Nova Arianto ini belum merupakan skuad resmi. Agenda latihan ini merupakan proses seleksi yang melibatkan banyak pemain dan dibagi menjadi beberapa gelombang.

"Pertama, kami buat seleksi hari ini. Kami buat sebagai tahap pertama. Tahap ini kami melakukan tiga gelombang dan tiap gelombang ada 32 pemain. Jadi, total di tahap pertama ini ada 100 orang," kata Nova Arianto usai memimpin latihan.

Terkait banyaknya pemain yang disertakan dalam proses seleksi ini, Nova membeberkan bahwa para pemain itu datang dari Liga Topskor, Piala Soeratin, dan Elite Pro Academy (EPA). Selain itu, ada juga yang merupakan rekomendasi dari pelatih akademi dan sekolah sepak bola (SSB).

Tak heran, Nova Arianto tak ingin membuang waktu pada sesi latihan awal Timnas Indonesia U-16 mengingat banyaknya pemain yang ikut serta dalam seleksi. Ia langsung memasang target cukup ketat untuk mendapat pemain berkualitas.

Nova memasant target mencari pemain sesuai dengan filosofinya. Apalagi, saat ini para pemain yang datang masih tampil dengan gaya dari tempat mereka berasal. Soal kriteria lainnya, Nova menyebut tinggi badan jadi hal paling diperhatikan.

"Memang mereka (pemain) rata-rata bermain di SSB dan akademi. Jadi, saya melihat mereka masih bermain dengan sepak bola gaya SSB dan akademi."

"Namun, saya mau memasukkan mereka dengan filosofi saya, seperti cara main sepak bola sekarang. Saya mau pilih pemain yang benar sesuai dengan filosofi saya, termasuk kriteria tinggi badan," tutur Nova Arianto.

Sebagaimana diketahui, pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16 dipersiapkan untuk Piala AFF U-16 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Belum diketahui kapan waktu pasti dua agenda itu digelar, tapi Piala AFF U-16 2024 kabarnya akan berlangsung di Indonesia.