Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, rampung menggelar seleksi pemain tahap pertama menjelang Piala AFF U-16 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Dari tiga gelombang seleksi, Nova Arianto menekankan salah satu syarat penting ialah tinggi badan.

Selepas memimpin latihan di Lapangan A, Senayan, pada Selasa, 27 Februari 2024, Nova Arianto menjelaskan alasan terkait standar tinggi badan. Hal itu tak lepas dari target sang pelatih membawa tim bersinar di level Asia.

"Kriteria yang pasti, tinggi badan. Saya ingin bermain di level Asia," kata Nova Arianto.

"Tinggi badan menjadi hal sangat utama, terutama pemain belakang, kiper, dan striker. Saya harapkan memiliki postur di atas 175 cm," ujarnya.

Standar tersebut diterapkan Nova karena ia ingin menyiapkan gen tim nasional yang berkelanjutan di level kelompok umur mendatang.

"Saya menyiapkan gen tim nasional ke depannya dengan postur tinggi. Minimal pemain itu akan naik 1 cm per tahunnya."

"Ambil contoh, pemain saat ini tingginya 175 cm, dia akan naik sekitar (minimal) 4 cm atau tinggi 179-180 cm saat usianya genap 20 tahun."

"Tinggi pemain di umur 20 itu sudah maksimal. Itulah mengapa saya mencari pemain dengan minimal tinggi 175 cm," tutur Nova.

Lebih lanjut, Nova juga menceritakan bahwa alasannya menerapkan tinggi badan minimal 175 cm karena pengalaman yang telah dijalani. Asisten pelatih Shin Tae-yong itu berkaca dari penampilan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Kala itu, Indonesia menghadapi tim dengan pemain yang posturnya jauh lebih tinggi, seperti Irak dan Australia. Hal tersebut cukup menjadi kendala dalam memberi perlawanan di lapangan.