Bagikan:

JAKARTA - Situasi berbeda terlihat pada pemusatan latihan gelombang ketiga Timnas Indonesia U-16 di Lapangan A, Senayan, Selasa, 27 Februari 2024. Sebanyak 34 pemain menjalani agenda dengan diiringi musik bertempo cepat.

Nova Arianto selaku pelatih Timnas Indonesia U-16 ternyata punya alasan tersendiri. Dia mengatakan bahwa ia memang sengaja membawa music box untuk para pemain.

Hal itu dilakukan berdasarkan hasil evaluasi dari tim psikolog Timnas Indonesia U-16. Kata Nova, alunan musik ketika sesi latihan bisa membantu para pemain meredakan perasaan cemas.

"Dari evaluasi tim psikolog, ada masalah kecemasan pemain sehingga saat pemain cemas atau takut salah, otomatis dia tegang dan melakukan kesalahan saat latihan," kata Nova Arianto.

"Jadi, kami cari tahu metode apa yang bisa dibuat supaya pemain enjoy. Kami bisa pakai musik saat datang dan warming-up supaya secara alam sadar mereka bangkit dan rileks," tuturnya.

Nova lebih lanjut mengatakan tak jarang para pemain masih terbawa suasana di hotel ketika hendak memulai latihan. Untuk mengatasinya, sang pelatih memaksa anak asuhnya mendengarkan musik agar bisa membangun mood dan berlatih dengan optimal.

Soal musik yang digunakan untuk menstimulasi para pemain, Nova mengatakan lagu yang diputar bukanlah dipilih secara sembarang. Dia menjelaskan dari hasil evaluasi bersama psikolog bahwa ada kategori yang ditentukan demi bisa membangun semangat pemain di lapangan.

"Memang beat-nya beda-beda dan itu berdasarkan komunikasi dengan psikolog. Beat-nya antara 70 sampai 90 (bpm/beats per minute)," katanya.

"Kalau lebih dari itu, nanti suasana hatinya kacau. Jika kurang dari itu, nanti malah terlalu santai. Maka dari itu, beat-nya sangat diperhatikan," ujar Nova.

Pada sesi latihan Timnas Indonesia U-16 gelombang ketiga ini, Nova Arianto sempat memutarkan lagu berjudul How Does It Feel milik penyanyi Tom Grennan. Dengan tempo lagu yang cukup bersemangat, hal ini diharapkan juga bisa membangun mood pemain di lapangan.

Terlepas dari cara unik yang dilakukan sang pelatih, agenda latihan ini merupakan gelombang ketiga sekaligus terakhir dalam proses seleksi pemain Timnas Indonesia U-16 tahap pertama.

Seleksi tahap pertama dengan tiga gelombang selesai pada Selasa, 27 Februari 2024. Total ada 98 pemain yang mengikuti seleksi.

Meski demikian, Nova Arianto dan jajaran pelatih belum ditentukan siapa saja yang akan diambil untuk mengisi skuad utama Garuda Muda.

Nova rencananya bakal menggelar seleksi tahap kedua pada akhir Maret 2024 atau awal April 2024 setelah agenda FIFA Matchday.

Ia akan memanggil pemain-pemain dari tim Elite Pro Academy (EPA) yang lolos ke babak delapan besar dan beberapa pemain diaspora.