Nova Arianto Coba Perbaiki Kelemahan Komunikasi Timnas Indonesia U-16
Nova Arianto benahi komunikasi antarpemain Timnas Indonesia U-16 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, menyebut komunikasi buruk antarpemain masih jadi faktor utama yang menghalangi performa tim. Dia berupaya untuk memperbaikinya dengan menerapkan komunikasi intens di timnya.

Nova Arianto dipercaya menangani Timnas Indonesia U-16 untuk menatap Piala AFF U-16 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Sebagai persiapan, ia telah memimpin tim untuk melakukan pemusatan latihan sekaligus seleksi pemain.

Nova membeberkan bahwa ada masalah yang sama terjadi di tim nasional usia muda hingga senior. Mantan bek Persib Bandung itu mengatakan komunikasi yang kurang baik antarpemain di lapangan adalah faktor yang tak bisa dihindari.

"Itulah kenapa saya tanggung jawab di Timnas Indonesia U-16. Yang mau saya ambil pertama ialah apa yang sebenarnya menjadi kekurangan di Timnas Indonesia senior, ya?" ujar Nova Arianto.

"Masalah saat ini adalah masalah komunikasi. Coach Shin Tae-yong (pelatih kepala Timnas Indonesia) selalu bicara pemain-pemain Indonesia ini lemah dalam melakukan komunikasi dengan teman-temannya. Jadi, itu yang saya coba perbaiki di level bawah," tuturnya.

Menyadari faktor komunikasi jadi hal yang mesti diperbaiki, Nova berupaya untuk membangun komunikasi yang baik antarpemain dari level usia muda. Ia berharap usahanya membuahkan hasil manis ketika para pemain sudah masuk ke jenjang berikutnya.

"Di Timnas Indonesia U-16 saya memperbaiki masalah komunikasi agar nanti saat dia sampai di U-20, U-23, atau senior dia sudah terbiasa dengan situasi itu," ujar Nova.

Pada sesi latihan, Nova memang kerap berteriak untuk mengingatkan para pemain agar berkomunikasi dengan baik. Hal ini juga terlihat dalam laga internal yang dilakoni Timnas Indonesia U-16.