Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-17, Nova Arianto, gembira melihat timnya sukses menang 3-1 melawan India U-17 di laga uji coba. Meski begitu, Nova mengakui bahwa hasil tersebut juga membuatnya semakin tahu kelemahan tim.

Timnas Indonesia U-17 berjumpa India pada agenda uji coba di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu, 25 Agustus 2024, malam WIB. Dalam laga itu, Skuad Garuda Muda menang 3-1 berkat gol Evandra Florasta (pen 13'), Fandi Ahmad (50'), dan Mierza Firjatullah (62'). India hanya membalas satu gol melalui Levis Zanminlun (52').

Nova Arianto menyebut laga sudah berjalan dengan baik. Namun, ia tak mau jemawa dan memastikan bahwa ada evaluasi yang mesti dilakukan untuk berbenah.

"Yang pasti, pertandingan ini cukup baik. Dari hasilnya kami juga tetap mendapatkan bahan evaluasi," ujar Nova Arianto dalam keterangan selepas laga dikutip pada Senin, 26 Agustus 2024.

Lebih lanjut, menurut Nova, agenda uji coba ini memang dimanfaatkan untuk melihat perkembangan skuad yang sedang melakukan pemusatan latihan (TC) di Bali.

Sang pelatih menilai laga uji coba cukup penting sebagai tolak ukur kekuatan Timnas Indonesia U-17.

"Tujuan uji coba ini adalah saya ingin melihat sejauh mana kondisi fisik pemain, masalah taktikal, skill, dan mental," ujarnya.

Meski menang, Nova menjelaskan masih ada sederet kelemahan yang perlu diperbaiki Timnas Indonesia U-17. Namun, ia optimistis bahwa anak asuhnya akan makin tangguh ke depan.

"Dari pertandingan ini, kami semakin tahu kelemahan tim ini ada di mana dan menjadi bahan evaluasi saya sampai tim ini nanti ke Kualifikasi Piala Asia U-17 2025," ucapnya.

Pemusatan latihan Indonesia U-17 digelar untuk persiapan untuk tampil di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 pada 19-27 Oktober 2024.

Pada agenda itu Timnas Indonesia U-17 berada di Grup F bersama tuan rumah Kuwait, Australia, dan Mariana Utara.