Bagikan:

JAKARTA - Indonesia U-16 tengah melakukan pemusatan latihan untuk menghadapi sejumlah turnamen tahun ini.

Terdekat, anak asuh Nova Arianto akan menghadapi ASEAN Championship U-16 2024 (Piala AFF U-16) yang berlangsung di Solo, Indonesia, pada 21 Juni sampai 4 Juli 2024.

Sejauh ini, Nova Arianto mengungkapkan bahwa persiapan pasukannya sudah 75 persen.

"Ya, kami fokus lagi dan terus menjalani pemusatan latihan. Progres Indonesia U-16 ini sudah cukup baik. Saat ini tim berada 75 persen persiapan sebelum ke ASEAN Championship U-16 tanggal 21 Juni 2024."

"Pada sisa waktu ini, kami akan memperbaiki kekurangannya sehingga nanti saat pertandingan, pemain bisa memberikan yang terbaik," tutur Nova.

Adapun evaluasi yang akan terus Nova lakukan ialah kesiapan mental dan performa dari semua pemain.

Sejauh ini, Indonesia U-16 sudah menjalani tujuh kali uji coba. Pada uji coba terakhir, mereka merebut satu kali kemenangan dan satu kali hasil imbang.

Mereka menang 2-1 melawan SKO Surakarta pada 9 Juni 2024 di lapangan Sriwedari dan seri 1-1 kontra SKO Cibubur di lapangan Manahan, Solo.

"Evaluasi dari beberapa kali uji coba, sekitar tujuh kali uji coba yang sudah kita lakukan ialah pemain memang belum stabil."

"Maksudnya, pada salah satu pertandingan mereka bisa bermain baik. Lalu, pada pertandingan lain kurang baik. Itu yang menjadi catatan kami dari tim pelatih," kata Nova.

"Menurut tim psikologi, secara mental, pemain belum bisa mengatur mentalnya. Sehingga, hal itu juga yang harus kami perbaiki. Kemudian, kami juga sedang memantapkan formasi yang akan kami pakai," tutur sang pelatih lagi.

Indonesia U-16 masih punya satu kali uji coba pemungkas sebelum tampil di ASEAN Champioship U-16 2024.

Latih tanding terakhir itu menjadi sarana untuk Nova Arianto memilih pemain terbaik sesuai kuota dan mencapai performa puncak pada turnamen resmi nanti.

"Kami masih ada agenda lain, uji coba terakhir pada 15 Juni 2024 melawan Bhayangkara. Setelah itu, kami akan ada pengurangan pemain menjadi 23 nama untuk didaftarkan ke AFF."

"Kami akan terus fokus memperbaiki apa yang menjadi masalah selama ini agar pemain bisa lebih siap," ujar Nova.

ASEAN Championship U-16 2024 akan dihelat di dua venue, yaitu Stadion Manahan dan Stadion Sriwedari.

Terlepas dari itu, Indonesia U-16 juga akan menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Mereka berada di Grup G bersama Australia, Kuwait, dan Kepulauan Mariana Utara.

Laga-laga Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 itu akan berlangsung di Kuwait pada 23-27 Oktober 2024.