Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, bakal mengawal timnya menjalani laga terakhir Grup A Piala AFF U-16 2024.

Menjelang laga kontra Laos U-16 itu, ia bakal melakukan evaluasi maksimal demi penampilan terbaik dan menjaga asa lolos ke babak gugur.

Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Laos U-16 di Stadion Manahan, Solo, pada Kamis, 27 Juni 2024, malam WIB. Sebelumnya, Skuad Garuda Muda membawa modal positif usai menang dari Filipina U-16 3-0.

Saat menghadapi Filipina U-16 pada Senin, 24 Juni 2024, tiga gol Indonesia U-16 disumbangkan oleh Evandra Folrasta dan ditambah brace Mierza Firjatullah.

Meski membawa modal apik, Nova Arianto enggan besar kepala. Menurutnya, persiapan matang dan berhati-hati tetap harus dilakukan menjelang tampil lawan Laos U-16.

Evaluasi menjadi poin yang pertama dilakukan sang pelatih. Selain itu, ia juga bakal menyaksikan permainan Laos U-16 demi memetakan kekuatan dan kekurangan lawan.

"Yang pastinya kami akan selalu evaluasi, ya. Kami evaluasi dulu pertandingan hari ini bagaimana, pemain tampil maksimal atau tidak," kata Nova Arianto dalam keterangannya dikutip pada Selasa, 25 Juni 2024.

"Termasuk kami juga mengawasi atau melihat video dari tim Laos U-16," ujarnya lagi.

Hal tersebut dilakukan Nova Arianto sebagai langkah hati-hati dalam mempersiapkan tim. Ia tak ingin gegabah karena kesempatan menyabet tiket menuju fase gugur sudah di depan mata.

Nova juga bakal meramu strategi sebaik mungkin, dengan tidak lupa memperhitungkan kondisi tiap-tiap pemainnya. Semua demi performa tim yang saling mendukung di lapangan.

"Mengenai strategi apa pun, kami akan lihat nanti. Kami akan lihat kondisi pemain karena formasi pun akan mengikuti siapa pemain yang bisa tampil," tuturnya.

"Jadi, itu (strategi) akan menyesuaikan situasi kondisi yang ada di pemain sendiri," kata Nova.

Sejauh ini Indonesia U-16 ada di puncak klasemen Grup dengan enam poin. Perolehan poin itu sama dengan Laos U-16.

Pada Piala AFF U-16 2024 atau ASEAN Championship U-16 ini, tim yang menjadi pemuncak klasemen masing-masing grup akan lolos otomatis ke semifinal.

Satu tiket fase gugur lainnya akan diperebutkan melalui jalur peringkat kedua terbaik.