Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-17 menelan kekalahan di laga uji coba kedua kontra India U-17. Kendati demikian, hal tersebut justru menjadi pelajaran berharga bagi tim asuhan Nova Arianto untuk bekal tampil di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Timnas Indonesia U-17 menjamu India untuk kedua kalinya di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, pada Selasa, 27 Agustus 2024, malam WIB. Hasil pertemuan uji coba kedua itu kurang memuaskan karena Skuad Garuda tunduk 0-1. Padahal, di pertemuan perdana tim asuhan Nova Arianto menang 3-1.

Nova Arianto selaku pelatih tak kecewa di kekalahan ini. Ia justru mengaku memetik pelajaran berharga sebagai bekal untuk tampil di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Salah satu taktik yang dapat dipetik dari laga melawan India ialah compact defense yang menjaga tim tetap solid saat bertahan.

Menurut sang pelatih, taktik itu dibutuhkan ketika berhadapan dengan tim lain dengan level lebih tinggi yang akan menjadi lawan Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

"Kami bisa melihat India tampil baik. India melakukan taktik compact defense. Bagaimana kami membuka compact defense, itu yang membuat kami harus banyak belajar," ucap Nova Arianto dalam keterangannya selepas laga dikutip pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Pada Kualifikasi Piala Asia U-17 2025, Timnas Indonesia U-17 tergabung di Grup G bersama Australia, Kepulauan Mariana Utara, dan Kuwait.

Melihat calon lawan tersebut, anak aduh Nova Arianto jelas mesti punya strategi bertahan yang kokoh untuk bisa mengantongi kemenangan.

Sebagai persiapan lanjutan, usai menjalani dua kali uji coba dan pemusatan latihan di Bali, Timnas Indonesia U-17 akan terbang ke Spanyol dan Qatar untuk menjalani pemusatan latihan lanjutan.

Agenda tersebut menjadi persiapan terakhir Garuda Muda jelang menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 pada 23-27 Oktober 2024 di Kuwait.

Sementara itu, Indonesia U-17 mengincar tiket putaran final Piala Asia U-17 2025 yang bakal berlangsung pada 3-20 April 2025 di Arab Saudi.