Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-17 akan tampil di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 pada Oktober 2024.

Saat ini, Garuda Muda tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Bali bersama pelatih kepala Nova Arianto.

Pada pekan-pekan awal TC, Nova Arianto menggembleng anak asuhnya dengan latihan fisik. Sang pelatih ingin kemampuan fisik pemain bisa merata sebelum bermain di kualifikasi.

Menu latihan fisik Indonesia U-17 terbilang berat, empat kali sehari. Meski demikian, para penggawa Garuda Muda sangat menikmati.

Hal itu salah satunya diungkapkan Zahaby Gholy. Arena latihan fisik yang digelar di beberapa tempat membuat pemain tidak jenuh. Malahan mereka sangat antusias melahap materi latihan.

"Alhamdulillah, saya sangat senang dan menikmati. Latihan pagi dan sore ditambah dengan latihan di lapangan dan malam di gym," kata Gholy.

"Latihan di pasir pantai ini merupakan pengalaman pertama saya. Jadi, cukup berat. Tadi di pantai, latihan angkat beban teman sendiri yang seimbang beratnya," ujarnya lagi.

Pemain Terbaik Piala AFF U-16 2024 itu lebih lanjut mengungkapkan bahwa dirinya sangat percaya diri Indonesia U-17 bisa lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2025.

Kepercayaan diri itu muncul setelah melihat persiapan matang Garuda Muda. Selain menggelar TC di Indonesia, Indonesia U-17 juga dijadwalkan pemusatan latihan ke Spanyol sebelum tampil di kualifikasi.

Tak hanya itu, atmosfer dalam pemusatan latihan Indonesia U-17 juga membuat para pemain bersemangat.

Mereka bersaing sehat berlomba-lomba menunjukkan performa terbaik selama TC demi terpilih masuk tim.

"Persaingan cukup berat dengan adanya pemain baru. Namun, kami akan bersaing dengan sehat. Saya optimistis bisa masuk tim," katanya.

"Harapan saya, dengan latihan seberat ini, kami bisa lebih siap menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-17. Semoga kami bisa meraih hasil terbaik buat semuanya," kata Gholy.

Sementara itu, Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 akan dihelat di Kuwait pada 19-27 Oktober 2024. Indonesia U-17 tergabung di grup G bersama Australia, Kuwait, dan Kepulauan Mariana Utara.

Pada babak Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 nantinya ada 10 juara grup dan lima runner-up terbaik akan melaju ke putaran final bersama tuan rumah Arab Saudi yang digelar pada tanggal 3-20 April 2025.