Bagikan:

JAKARTA - Atletico Madrid menyodok ke papan atas klasemen La Liga Spanyol dan memanaskan persaingan dengan Celta Vigo dan Barcelona setelah meraih kemenangan 3-0 atas Girona.

Atletico menghabisi Girona saat bermain di kandang sendiri di Stadion Civitas Metropolitano, Senin, 26 Agustus 2024 dini hari WIB. Ini menjadi kemenangan pertama Atletico setelah ditahan Villarreal 2-2 pada laga sebelumnya.

Kemenangan itu langsung membawa Atletico ke papan atas. Atletico sukses menembus tiga besar setelah mengantungi empat poin. Sama dengan rival satu kota, Real Madrid, yang menang dengan skor sama atas Real Valladolid. Hanya Atletico unggul selisih gol sehingga bisa menempati posisi di atas Madrid.

Sementara, Celta Vigo masih bertengger di puncak klasemen dengan memiliki enam poin. Perolehan poin mereka sama dengan Barcelona yang menduduki peringkat dua karena kalah selisih gol dengan Celta.

Dalam pertandingan itu, bek anyar Atletico Conor Gallagher melakukan debut. Hanya pemain yang didatangkan dari Chelsea ini baru turun di babak kedua.

Sedangkan striker Julian Alvarez yang dibeli dari Manchester City melakoni laga kedua. Namun dirinya belum bisa mencetak gol bagi tim.

Atletico sendiri membuka kemenangan melalui striker Antoine Griezmann. Gol dihasilkan lewat tendangan bebas pemain timnas Perancis itu di menit 39. Atletico mendapat tendangan bebas setelah kiper Paulo Gazzaniga melakukan pelanggaran memegang bola di luar kotak penalti.

Keunggulan 1-0 tim asuhan Diego Simeone bertahan sampai akhir babak pertama. Selanjutnya, tuan rumah memperbesar keunggulan setelah Marcos Llorente mencetak gol saat babak kedua baru berjalan tiga menit.

Llorente melakukan solo run sebelum melepaskan tendangan yang menaklukkan Gazzaniga. Kapten Koke menjadi yang terakir membobol gawang Girona. Gol diciptakan Koke di injury time yang membawa Atletico menang 3-0.

"Fans dan pemain sudah lama menunggu untuk bermain di kandang sendiri. Dan ini menjadi laga yang sempurna. Kami berharap bisa mempertahankannya," kata Griezmann menanggapi kemenangan penting Atletico atas Girona.

"Griezman menuturkan bila Girona yang musim ini berlaga di Liga Champions setelah menduduki peringkat tiga di La Liga 2023/2024 bermain bagus di kandang Atletico. Kiper Gazzaniga menunjukkan penampilan terbaik dan menggagalkan sejumlah peluang.

"Saya memang menunggu dan mencari celah karena kami menghadapi kiper yang bermain luar biasa. Saat ada sedikit celah di tiang jauh, saya pun melakukan eksekusi. Selain itu ada faktor keberuntungan sehingga saya bisa mencetak gol," ujarnya.

Griezmann, lebih lanjut, mengatakan bila tim harus bisa mempertahankan performa. Apalagi, mereka sudah harus berlaga melawan tim promosi Espanyol di pertengahan pekan atau Kamis, 29 Agustus 2024 dini hari WIB.

"Kami harus tetap bermain dengan antusiasme yang sama. Setelah menjalani latihan keras, kami harus bisa menunjukkannya di pertandingan," ucap Griezmann.

Sementara, gelandang Girona Oriol Romeu mengaku kecewa karena tim sudah bermain bagus di babak pertama. Namun, mereka kesulitan menjaga performa sehingga kembali kebobolan di babak berikutnya.

"Gol-gol mereka tercipta saat kami dalam situasi kurang bagus. Di babak pertama, kami bermain bagus. Tetapi kami kemudian mengakhirinya dengan kekalahan. Meski demikian kami mengambil sisi positif. Ada pelajaran dari hasil buruk di pertandingan ini," ujar Romeu.