Bagikan:

LlJAKARTA - PDIP Perjuangan dinilai rugi jika tidak mengusung kadernya sendiri maju di Pilkada Jepara 2024. Pasalnya, kader PDIP sekaligus Petahana Bupati Jepara, Dian Kristiandi berpotensi menang jika melihat hasil survei. 

Dalam hasil survei elektabilitas calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Jepara 2024 yang dirilis Pandawa Research, elektabilitas Dian Kristiandi berada di angka 30,2 persen. Disusul Witiarso Utomo 27,9 persen dan Nuruddin Amin 24,6 persen.

Sementara hasil survei Ananta Research menunjukan tingkat kesukaan masyarakat terhadap Dian Kristiandi sebesar 82,7 persen. Sementara Witiarso Utomo hanya mendapat 81,4 persen.

Sedangkan di hasil survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI), pasangan Dian Kristiandi apabila disandingkan dengan Jadug Trimulyo berada di posisi teratas. Selain itu, jika keduanya berpasangan maka berpeluang menang pada Pilkada Jepara 2024.

"Sehingga rugi jika PDIP di Pilkada Jepara tidak usung kadernya," ujar Pengamat Politik Nahdlatul Ulama, Rikal Dikri dalam keterangannya, Senin, 26 Agustus. 

Rikal mengatakan, hal itu tidak lepas dari kinerja Dian Kristiandi selama menjabat sebagai bupati. Ditambah Inspektorat Provinsi Jawa Tengah (Jateng) memberikan penilaian positif atas kinerja akhir Bupati Jepara Dian Kristiandi untuk periode 2017-2022.

"Dari hasil penilaian yang dilakukan mendapatkan predikat baik dengan nilai 88,18," kata Rikal. 

Rikal menyebutkan, saat ini hasil pemilu 2024 PDI perjuangan berhasil memperoleh 8 kursi DPRD di Kabupaten Jepara atau 16 persen. Jika merujuk putusan terhadap perkara nomor 60/PUU-XXII/2024 yang diajukan Partai Buruh dan Partai Gelora itu salah satu putusan menyatakan bahwa Kabupaten/kota dengan jumlah penduduk yang termuat pada daftar pemilih tetap lebih dari 500 ribu sampai 1 juta jiwa.

Sementara partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu harus memeroleh suara sah paling sedikit 7,5 persen di kabupaten/kota tersebut. Maka, kata Rikal, PDIP bisa mengusung sendiri di pilkada Jepara.

"Mengusung orang luar akan berdampak pada kemenangan PDI Perjuangan dalam Pilkada Jawa Tengah nantinya," pungkasnya.