Manchester United Kehilangan Senjata Rahasia di Ruang Ganti
Eric Ramsay andalan Erik ten Hag dalam latihan Manchester United (Instagram/@manchesterunited).

Bagikan:

JAKARTA - Erik ten Hag, Manajer Manchester United, harus menerima pukulan lantaran salah satu pelatih terbaiknya, Erick Ramsay harus meninggalkan Old Trafford.

Ramsay sudah resmi bergabung tim Major League Soccer (MLS), Minnesota United, sebagai pelatih kepala pada Senin, 27 Februari 2024, waktu setempat.

"Klub telah mengumumkan Eric Ramsay sebagai pelatih kepala kedua dalam sejarah tim Major League Soccer, Minnesota United."

"Ramsay bergabung dengan klub dari Manchester United, di mana ia menjabat sebagai pelatih tim utama di bawah manajer saat ini, Erik ten Hag," tulis pengumuman resmi Minnesota United.

Hanya saja, pelatih 32 tahun itu baru aktif bekerja pada 3 Maret 2024. Artinya, dia masih akan menemani Ten Hag saat The Red Devils bertandang ke markas rival Manchester City pada akhir pekan ini.

Manchester United memberikan ucapan perpisahan kepada Ramsay. Klub mendoakan agar sang pelatih sukses di tempat barunya.

"Semoga Eric Ramsay mendapatkan yang terbaik dalam tantangan barunya yang menarik di Minnesota United," bunyi keterangan Manchester United.

Ramsay mendapatkan pekerjaan pertamanya di bidang manajemen dan menjadi pelatih termuda dalam sejarah MLS.

Minnesota memainkan pertandingan pertama mereka di musim baru MLS melawan Austin pada Minggu, 3 Maret 2024. Pelatih kepala sementara, Cameron Knowles, akan bertanggung jawab karena Ramsay baru akan bergabung setelah 3 Maret 2024.

Pertandingan terakhirnya sebagai bagian dari ruang ganti Manchester United adalah Derby Manchester.

Ramsay merupakan pelatih berperingkat tinggi dan dijuluki sebagai 'senjata rahasia' The Red Devils.

Dia tiba di Old Trafford pada 2021 dalam peran pengembangan pemain dan pelatihan bola mati di bawah Ole Gunnar Solskjaer.

Namun, ia segera mendapatkan promosi, menjadi bagian integral dari pelatihan di bawah Ralf Rangnick dan Ten Hag.

Ramsay fasih berbahasa Perancis dan Spanyol yang sangat membantu beberapa pemain baru beradaptasi.

Perhatiannya terhadap detail membuat pelatih asal Wales itu menerima pujian dari Manajer Timnas Wales, Rob Page. Dia dijuluki sebagai 'salah satu pelatih muda terbaik di sepak bola'.

Kenaikan peringkat Ramsay dimulai di Universitas Loughborough bersama mantan asisten Manchester United yang saat ini menjadi Manajer Ipswich, Kieran McKenna.

Dia kemudian menghabiskan empat tahun bekerja di akademi Swansea dan sebagai pelatih tim utama di Shrewsbury Town. Sebelum bergabung Manchester United, dia sempat melatih Chelsea U-23.

Sementara itu, Ramsay akan menjadi bergabung dengan mantan bintang Liga Inggris, Teemu Pukki, yang kini menjadi Manajer Minnesota United.