Bagikan:

JAKARTA - Proses seleksi Timnas Indonesia U-16 tahap pertama gelombang ketiga tuntas digelar pada Selasa, 27 Februari 2024, di Lapangan A, Senayan. Nova Arianto selaku pelatih kepala telah mengantongi perbedaan tiap sesi yang bisa jadi pertimbangan memilih skuad.

"Akhirnya kami bisa menyelesaikan seleksi tahap pertama dari gelombang 1, 2, dan 3. Kami bisa melihat potensi mereka (pemain) dan sudah mendapatkan beberapa pemain (yang cocok) dari gelombang 1, 2, dan 3," kata Nova Arianto usai memimpin latihan.

Pada latihan gelombang ketiga, ada 34 pemain yang hadir dari total 98 orang dari semua gelombang. Dari semua sesi yang telah dijalani, Nova menuturkan bahwa ada perbedaan kualitas. Menurutnya, pemain di gelombang kedua mempunyai kualitas individu yang lebih baik.

"Saya lihat gelombang kedua lebih punya kualitas secara individu lebih baik. Gelombang tiga juga ada beberapa pemain yang lebih baik," tutur Nova Arianto.

"Saya bilang semuanya cukup merata, tapi gelombang dua lebih menonjol," ujarnya.

Meski telah melihat perbedaan signifikan di tiap gelombang, Nova mengatakan bahwa pihaknya belum menentukan siapa saja pemain yang akan diambil. Ada banyak parameter yang mesti dipertimbangkan demi menemukan sosok sesuai keinginannya.

"Kami masih melihat karena banyak parameter yang kami ambil di sini. Dalam memilih pemain, kami punya tim beberapa orang."

"Kami lihat dulu parameternya. Nanti, dari situ akan kami buat peringkat. Setelah itu, baru diputuskan siapa yang masuk," tuturnya.

Selanjutnya pelatih berusia 45 tahun ini akan kembali menggelar seleksi tahap kedua pada akhir Maret 2024 setelah agenda FIFA Matchday. Pada seleksi tersebut dia bakal memanggil para pemain dari tim yang lolos ke babak delapan besar EPA (Elite Pro Academy).

"Rencananya bulan Maret 2024. Bulan April ada TC (pemusatan latihan). Jadi, total bakal ada 36 pemain yang akan kami panggil," kata Nova.

Seleksi pemain Timnas Indonesia U-16 ini digelar dalam rangka persiapan menghadapi Piala AFF U-16 2024 yang bakal digelar di Indonesia. Turnamen itu diperkirakan mulai pada pertengahan 2024.