Terapkan Disiplin Tinggi di Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto Tak Segan Coret Pemain Nakal
Nova Arianto, pelatih kepala Timnas Indonesia U-16 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Tmnas Indonesia U-16, Nova Arianto, menerapkan disiplin tinggi terhadap 32 pemain yang tengah menjalani masa seleksi. Tak tanggung-tanggung, ia bakal langsung memulangkan pemain yang tak bisa mengikuti aturan di tim.

Hal ini disampaikan Nova Arianto ketika memimpin Timnas Indonesia U-16 pemusatan latihan gelombang kedua di Senayan, Jakarta, pada Rabu 21 Februari 2024. Berkaca dari sesi seleksi gelombang pertama, Nova sungguh-sungguh dalam membangun disiplin para pemainnya.

"Saya juga menekankan kepada mereka (pemain seleksi) masalah kedisiplinan karena tadi ada pemain yang telat datang makan siang," kata Nova.

Aspek disiplin menjadi perhatian utama Nova Arianto. Menurutnya, jika pemain muda tidak bisa disiplin gaya hidup dan latihan maka itu akan berpengaruh permainannya pada masa depan.

Salah satu aturan ketat yang dibuat Nova selama masa seleksi Timnas Indonesia U-16 ialah tepat waktu ketika makan dan latihan. Ia juga mewajibkan pemain mengumpulkan telepon genggam setiap pukul 21.30 WIB.

"Itu (telat latihan) tidak baik. Kalau pada usia muda tidak disiplin, (ke depannya) itu susah. Jadi, saya pastikan kalau dia melakukan lagi, bisa-bisa dia kami pulangkan," ucap sang pelatih.

Pada seleksi gelombang kedua, Nova Arianto berharap 32 pemain yang dipanggil bisa memperlihatkan kualitas terbaiknya selama tiga hari seleksi. Soal siapa yang lolos seleksi, itu baru akan diumumkan setelah gelombang ketiga tuntas.

"Saya berharap bisa lebih banyak pilihan pemain di gelombang kedua. Tentu dengan kriteria yang saya maksud sebelumnya, yaitu postur tinggi badan, kemampuan, dan lain sebagainya," kata Nova.

"Saya akan kalkulasikan lebih dahulu dari semua gelombang karena kami masih melihat semua pemainnya dari gelombang satu hingga tiga. Nanti, setelah gelombang ketiga selesai, baru kami bisa dapatkan pemainnya," tutut sang pelatih.