Bagikan:

JAKARTA - Nova Arianto akan mengawal Timnas Indonesia U-16 untuk berlaga di Piala AFF U-16 2024 atau ASEAN Championship U-16 yang mulai bergulir pada 21 Juni hingga 4 Juli 2024.

Sebelum turun langsung, Nova yang juga asisten pelatih Skuad Garuda, mendapat instruksi penting dari Shin Tae-yong.

Pelatih kepala Timnas Indonesia itu menitipkan pesan kepada Nova demi membawa tim meraih kemenangan. Kata Shin Tae-yong, Nova mesti mengarahkan para pemain muda agar bisa tampil santai dan tak luput untuk memerhatikan kestabilan mental para penggawanya.

"Coach Shin Tae-yong hanya berpesan agar pemain bisa selalu bermain enjoy. Coach Shin juga menyampaikan masalah mental."

"Mental pemain harus lebih kuat menghadapi siapa pun lawannya," kata Nova Arianto dalam keterangannya di Solo dikutip pada Jumat, 21 Juni 2024.

Nova juga menjelaskan bahwa sejauh ini PSSI belum membebani Timnas Indonesia U-16 dengan target tertentu. Namun, sang pelatih punya harapan agar tim yang diasuhnya ini bisa mengulang pencapaian 2022, yakni meriah gelar juara.

"Pada edisi (Piala AFF U-16) sebelumnya kita mendapatkan juara. Hal itu menjadi motivasi bagi kami agar bisa menyamai prestasi edisi sebelumnya," ujar Nova.

Disinggung target pribadi, Nova tak memasang batasan terlalu tinggi. Dia hanya ingin anak asuhnya bisa fokus menghadapi setiap pertandingan di Piala AFF U-16 2024.

"Target pribadi saya akan fokus ke tim per tim. Saya akan fokus ke Singapura bagaimana meraih hasil terbaik, baru fokus dengan pertandingan-pertandingan selanjutnya," katanya.

Pada laga pembuka yang akan digelar pada 21 Juni 2024 di Stadion Manahan, Solo, Timnas Indonesia U-16 yang ada di Grup A akan menghadapi Singapura.

Tiga hari berselang, mereka akan melawan Filipina dan ditutup dengan laga kontra Laos pada 27 Juni 2024.