Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, telah mencapai kata sepakat dengan PT Liga Indonesia baru (LIB) selaku operator Liga 1. Hal tersebut menyangkut jadwal yang dipastikan tidak akan saling merugikan, apalagi mengingat Timnas Indonesia dinanti agenda yang begitu padat.

Skuad Garuda akan tampil di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada September 2024. Akan ada 10 pertandingan yang dilalui. Hal itu perlu sinergi dengan jadwal Liga 1 yang juga akan bergulir.

Erick Thohir menyebut hasil kesepakatan juga berisi rencana pembenahan kompetisi domestik demi menghasilkan pemain-pemain berkualitas.

"Kami terus mentransformasi sepak bola Indonesia, terutama liga yang kini menjadi prioritas untuk dibenahi," kata Erick Thohir di kawasan Jakarta pada Kamis, 20 Juni 2024.

"Siang tadi kami dari PSSI dan PT LIB kembali rapat membahas berbagai hal untuk memperbaiki liga. Kami sudah menyepakati kalender kompetisi Liga 1 hingga 2027 sehingga baik liga maupun agenda Timnas Indonesia bisa berjalan dengan baik," ujarnya.

Dalam kesepakatan tersebut, Erick Thohir juga meminta PT LIB menjalan tiga hal penting demi pembenahan kualitas kompetisi Tanah Air.

Hal pertama ialah restrukturisasi kepengurusan. Hal kedua yang perlu dilakukan PT LIB yaitu mengumumkan jadwal pelaksanaan liga agar tidak berbenturan dengan agenda pertandingan Timnas Indonesia.

Hal ketiga ialah menyiapkan marketing gathering. Erick Thohir menginginkan hal itu agar Liga 1 dan Liga 2 maupun klub-klub bisa bertumbuh menjadi kaya. Soalnya, aspek tersebut merupakan salah satu kriteria penilaian dari Asian Football Confederation (AFC).