Mengejutkan! Timnas Basket Indonesia Umumkan Ganti Pelatih Sehari Jelang FIBA Asia Cup 2022
Timnas basket Indonesia tak lagi ditangani Rajko Toroman. (Foto: @official_timnasbasket)

Bagikan:

JAKARTA - Perbasi membuat langkah mengejutkan jelang gelaran FIBA Asia Cup 2022. Induk cabang olahraga basket nasional itu mengganti pelatih timnas sehari sebelum turnamen akbar itu digelar.

Posisi Rajko Toroman digantikan Milos Pejic. Kabarnya, Toroman menyatakan mundur dari jabatannya meskipun masih terikat kontrak hingga FIBA Asia Cup 2022 berakhir.

Manajer timnas basket Indonesia, Jeremy Santoso mengatakan, pergantian pelatih ini sudah dilakukan jauh-jauh hari. Toroman pun diajak diskusi terkait hal ini.

Menurutnya, ini adalah hasil evaluasi jangka panjang dan keputusan bersama. Toroman juga ikut memutuskan.

"Kami duduk bersama semua pihak. Setelah hasil evaluasi, kami merasa oke saat SEA Games itu sangat prima dengan kepemimpinan Milos. Coach Toro mundur dan itu sudah kesepakatan bersama," ujar Jerry, seperti dilansir dari Antara.

"Keputusan ini mungkin terlihat tiba-tiba. Perbasi dan BTN sudah berbicara ini sejak lama, mungkin sejak setelah SEA Games," lanjutnya.

Jerry menambahkan, pihaknya melihat ada kesamaan sistem cara melatih antara Pejic dan Toroman. Dia menyebut, Pejic adalah murid dari Toroman.

"Keputusan ini tak akan mengubah sistem kami. Ini akan jadi tantangan sekaligus angin segar untuk tim kami," tuturnya.

Timnas basket Indonesia akan mengawali penyisihan Grup A FIBA Asia Cup 2022 melawan Arab Saudi, Selasa, 12 Juli. Dua hari berselang, tim Merah Putih akan berhadapan dengan Yordania.