Kegagalan Menembus Piala Dunia FIBA 2022 Dinilai Bakal Jadi Momen Kebangkitan Timnas Basket Indonesia
Timnas basket Indonesia. (Foto: Instagram @official_timnasbasket)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas basket Indonesia gagal ke Piala Dunia FIBA 2022. Langkah Skuad Merah Putih terhenti di babak playoff perempat final FIBA Asia Cup 2022.

Namun, banyak yang menilai ini bukanlah akhir. Justru momen saat ini diyakini sebagai titik kebangkitan timnas basket Indonesia.

Salah satu penggawa senior timnas basket Indonesia, Andakara Prastawa melihat ada perkembangan signifikan. Kehadiran pemain baru yang masih fresh, juga dinilainya jadi angin segar bagi Indonesia yang akan menghadapi Asian Games 2022 dan SEA Games 2023.

"Ada Marques Bolden dan Derrick Michael yang akan menjadi tumpuan tim nasional basket Indonesia di berbagai event mendatang. Masih ada Asian Games dan juga SEA Games yang akan dihadapi," ujar Prastawa dalam keterangan tertulis.

Menurutnya, performa para pemain timnas basket Indonesia masih bisa diasah sampai level tertinggi. Harapan itu pun diucapkan figur publik sekaligus pencinta basket Indonesia, Andovida Lopez

Meski hasil FIBA Cup Asia 2022 tak sesuai harapan, dia merasa yakin basket Indonesia perlahan sudah bangkit.

"Kultur basket di Indonesia sedang growing. Setelah ini akan ada banyak yang terinspirasi, itu yang saya harapkan sebagai fans. Ini baru permulaan," ujarnya.

Sementara itu, pemain naturalisasi timnas basket Indonesia, Marques Bolden, turut optimistis dengan masa depan timnya. Dia merasa senang dengan apa yang telah dicapai, tapi berharap mendapatkan lebih.

"Bila dibandingkan dengan apa yang kami mulai dan selesaikan saat ini sangat berbeda. Akan ada masa depan cerah dengan para pemain muda," ujar Bolden.