Simak! Ini Tanggal Penting Olimpiade Musim Panas LA28
Ilustrasi Olimpiade 2028 (Foto: Twitter @LA28)

Bagikan:

JAKARTA - Upacara pembukaan Olimpiade Musim Panas 2028 di Los Angeles akan digelar pada 14 Juli dan Olimpiade akan berakhir pada 30 Juli, kata pengumuman penyelenggara Olimpiade LA28, pada Senin waktu setempat.

Paralimpiade LA28 akan dimulai pada 15 Agustus dan ditutup pada 27 Agustus.

"Hari ini menandai hitung mundur resmi menuju Olimpiade dan Paralimpiade LA28," kata peraih medali Olimpiade lima kali dan Kepala Atlet LA28 Janet Evans yang dilansir Antara dari Reuters, Selasa.

"Olimpiade LA28 tidak akan sama dengan yang lainnya, menampilkan yang terbaik dari stadion yang luar biasa dan budaya kelas dunia dari California Selatan kepada atlet yang penggemar.

"Tonggak sejarah ini membuat Olimpiade tersebut nyata bagi setiap atlet yang secara aktif berlatih untuk impian LA28 mereka dan para penggemar yang mengikuti perjalanan ini."

Olimpiade LA28 akan menandai ketiga kalinya Olimpiade digelar di kota California Selatan itu setelah event sebelumnya pada 1932 dan 1984. Ini akan menjadi pertama kalinya LA menjadi tuan rumah Paralimpiade.

Penyelenggara telah mengatakan penggunaan stadion yang ada serta asrama perguruan tinggi untuk tempat tinggal atlet dan media akan membantu menekan biaya tetap rendah dan mengurangi dampak lingkungan.

"LA adalah kota yang ambisius dengan kemungkinan tak terbatas dan Olimpiade akan merefleksikan komunitas kami," kata Ketua LA28 Casey Wasserman.

"Los Angeles akan memberikan latar belakang yang sempurna untuk menjadi tuan rumah acara budaya, olahraga dan hiburan terbesar di dunia."

Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach mengatakan ia terkesan oleh kemajuan dan kreativitas penyelenggara, termasuk investasi LA28 sebesar 160 juta dolar AS untuk mendukung olahraga pemuda di Los Angeles.

"Enam tahun sebelum upacara pembukaan Olimpiade Los Angeles 2028, ini sudah menjadi warisan yang signifikan dari Olimpiade, menciptakan perbedaan dalam kehidupan dari lebih dari seratus ribu anak," kata Bach.

"Ini akan membantu membawa penggemar baru ke olahraga Olimpiade dan meninggalkan warisan olahraga kepada generasi mendatang."