Naik Podium di GP Austria, Leclerc, Verstappen dan Hamilton Malah Kena Denda Rp150 juta
Balapan F1 GP Austria. (Foto: Twitter @f1)

Bagikan:

JAKARTA - Charles Leclerc, Max Verstappen dan Lewis Hamilton menjadi peraih podium gelaran Grand Prix (GP) Austria, Minggu, 10 Juli 2022. Leclerc keluar sebagai pemenang, sementara Verstappen dan Hamilton finis kedua dan ketiga.

Namun, nasib apes dialami ketiganya. Mereka dijatuhi denda sebesar 10 ribu euro atau Rp150 juta.

Dikutip dari Reuters, ketiganya dijatuhi denda lantaran melanggar prosedur pasca lomba. Usai tiga pebalap itu melangsungkan selebrasi di podium, pengawas balapan atau steward memanggil perwakilan tim Ferrari, Red Bull, dan Mercedes.

Hal ini menyusul laporan dari direktur balapan yang mengatakan ada rekaman video yang menunjukan asisten dan atau fisioterapis para pebalap memasuki parc ferme tanpa izin.

Padahal daerah tersebut merupakan area tertutup di jalur pit, dimana tindakan itu jelas melanggar prosedur yang telah diterapkan.

Sumber yang sama melaporkan, larangan ketat terhadap akses ke parc feme adalah untuk memastikan tidak ada suatu benda apapun diberikan ke pebalap sebelum mereka ditimbang badan. Steward mengatakan denda itu ditangguhkan hingga sisa musim ini.

Terkait pelanggaran ini, bukan cuma denda yang dijatuhkan tapi steward juga memperingatkan para pebalap bahwa individu yang bersangkutan bisa saja dicabut kartu pasnya apabila terdapat pelanggaran sistemik.