Puja-Puji Pelatih Tokyo Verdy untuk Pratama Arhan: Saya Melihatnya Sudah Bisa Terbiasa
Pemain Tokyo Verdy asal Indonesia, Pratama Arhan. (Foto: Instagram @tokyo_verdy)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Tokyo Verdy Hiroshi Jofuku menilai Pratama Arhan bisa beradaptasi dengan cepat saat debutnya di Liga 2 Jepang melawan Tochigi SC pada Rabu, 6 Juli malam. Dalam laga itu, Arhan bahkan diplot di posisi yang baru, yakni sayap kanan.

Pemain 20 tahun itu turun sejak menit pertama dan bermain selama 45 menit saat Tokyo Verdy tandang ke markas Tochigi di Stadion Kanseki.

Jofuku mengatakan, bermain di posisi yang tidak semestinya membuat Arhan awalnya kesulitan. Namun, ia terlihat bisa beradaptasi dengan cepat dan hanya tidak leluasa di awal pertandingan.

"Dia awalnya adalah pemain bek sayap, dan begitu juga tim nasional. Bermain sebagai striker sayapnya, saya pikir dia sangat kesulitan. Namun, saya melihatnya sudah bisa terbiasa pada 10 menit terakhir babak pertama," kata Jofuku dilansir situs J-League.

Bermain bukan di posisi natural membuat Arhan terlihat memiliki kendala dalam debutnya itu. Ia hanya membuat sepuluh kali umpan dan hanya enam di antaranya yang sukses.

Meski demikian, ia berhasil memberi satu umpan kunci yang nyaris saja berbuah gol andai rekannya meneruskan dengan lebih bertenaga. Selain itu, ia juga membuat dua umpan silang dan 11 sentuhan serta satu sapuan dan satu kali blok.

"Yang penting pertahanannya tidak bobol meski dia ada di depan. Meskipun ia tidak bisa mendapatkan awal yang baik, ia bisa menjadi salah satu pemain yang bisa menopang di pertahanan dan bisa mendukung ke depan. Saya pikir ada sedikit respon setelah 35 menit," ujar Jofuku.

Meski tidak bermain di posisi yang lazim, Arhan tetap mengaku puas dengan penampilan perdananya. Terlebih di pertandingan itu timnya sukses membawa pulang kemenangan 1-0 atas tim tuan rumah.

"Itu adalah pertandingan debut dan saya melihatnya sebagai peluang. Saya senang bahwa hasilnya kami menang. Lain kali, saya ingin tampil yang lebih baik jika saya bisa," kata mantan pemain PSIS Semarang itu.

Saat ini Tokyo Verdy masih menempati peringkat kesembilan klasemen sementara Liga 2 Jepang. Tim yang bermarkas di Stadion Ajinomoto itu sudah mengoleksi 35 poin dari 25 pertandingan yang sudah dijalani.