Pesaing Indonesia Curi Start, Korsel Resmi Mengajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023
Ilustrasi Korea Selatan maju calonkan diri jadi tuan rumah Piala Asia 2023. (FOTO/INSTAGRAM @afcasiancup)

Bagikan:

JAKARTA – Korea Selatan secara resmi menawarkan diri sebagai tuan rumah Piala Asia pada 2023. Sejauh baru mereka yang terang-terangan mengajukan diri.

Sebelumnya Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) memperpanjang batas waktu bagi negara-negara yang ingin mengajukan diri menjadi tuan rumah hingga 15 Juli.

"Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) secara resmi telah mengajukan letter of intent untuk menjadi tuan rumah Piala Asia AFC 2023 kepada Konfederasi Sepak Bola Asia," kata badan itu pada Kamis, dilansir Reuters.

Korea Selatan sebelumnya pernah menjadi tuan rumah untuk ajang ini. Itu terjadi setelah mereka memenangkan Piala Asia perdana pada tahun 1956 dan mempertahankan trofi sebagai tuan rumah empat tahun kemudian.

Sejauh ini Korea juga belum pernah menggelar turnamen besar sejak menjadi tuan rumah bersama Jepang pada Piala Dunia 2002 lalu.

Selain Korea, Indonesia juga disebut berminat mengajukan diri menjadi tuan rumah. Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) pada Selasa pekan ini mengatakan bahwa mereka akan meluncurkan tawaran.

Sementara itu, Australia dilaporkan sedang mempertimbangkan kemungkinan untuk mengajukan diri. Kemudian Jepang mengaku telah didekati secara informal untuk menggantikan China sebagai tuan rumah.

Kompetisi yang diikuti 24 tim nasional itu seharusnya digelar di Cina. Namun, Negeri Tirai Bambu melepas status mereka sebagai tuan rumah karena kebijakan ketat COVID-19 di negara itu.