Resmi! Indonesia Bersaing dengan Australia, Korea Selatan dan Qatar untuk Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023
Ilustrasi Piala Asia. (FOTO/INSTAGRAM @afcasiancup)

Bagikan:

JAKARTA – Indonesia termasuk satu dari empat negara yang ikut jadi calon tuan rumah Piala Asia 2023. Tiga negara lainnya adalah Australia, Korea Selatan, dan Qatar.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) secara resmi sudah mengumumkan pada Senin, 18 Juli. Salah satu dari keempat negara itu akan terpilih menjadi rumah ajang empat tahunan itu.

"Korea Selatan, Australia, Indonesia, dan Qatar telah mengajukan Pernyataan Minat untuk menggantikan China sebagai tuan rumah Piala Asia tahun depan," demikian kata AFC, dilansir CNA.

Batas waktu bagi empat asosiasi untuk menyerahkan dokumen penawaran mereka telah ditetapkan sampai 31 Agustus. Selanjutnya, Komite Eksekutif AFC akan mengumumkan siapa yang terpilih jadi tuan rumah pada 17 Oktober nanti.

Peluang Indonesia untuk menjadi tuan rumah terhitung cukup besar. Seandainya terpilih,  Indonesia punya dua acara besar tahun depan termasuk Piala Dunia U-20.

Indonesia sebelumnya pernah menjadi tuan rumah Piala Asia 2007 bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Ketika itu perjalanan skuad Garuda langsung terhenti di babak grup.

Piala Asia 2023 akan berlangsung 16 Juni sampai 16 Juli. China seharusnya menjadi tuan rumah menjadi tuan rumah untuk ajang yang diikuti oleh 24 tim nasional itu.

Namun, usaha negara itu untuk mengurangi kasus virus COVID-19 yang meningkat belakangan membuat mereka harus menarik diri. Kesempatan kemudian diberikan kepada negara yang berminat.