Resmi! Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, AFC Pilih Qatar
Ilustrasi Qatar jadi tuan rumah Piala Asia 2023. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi mengumumkan Qatar menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Qatar yang bersiap menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022, mengalahkan negara-negara seperti Korea Selatan dan Indonesia yang juga mencalonkan diri sebagai tuan rumah.

"Komite eksekutif Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) hari ini telah mengkonfirmasi Asosiasi Sepak Bola Qatar (QFA) sebagai asosiasi tuan rumah Piala Asia AFC 2023," kata AFC dalam pernyataan resmi mereka.

Piala Asia 2023 seharusnya berlangsung di China pada 16 Juni sampai 16 Juli tahun depan. Namun, negara tersebut mengundurkan diri pada Mei tahun ini karena kebijakan pandemi COVID-19.

Mundurnya China membuat Indonesia, Korea Selatan serta Qatar bersaing dalam perebutan jatah menjadi tuan rumah bagi turnamen yang akan diikuti oleh 24 tim itu.

Namun, Qatar kemudian dipilih karena beberapa alasan, terutama rekam jejak mereka dalam menyelenggarakan turnamen besar berskala internasional. Apalagi ujung tahun ini mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia.

"Atas nama AFC dan keluarga sepak bola Asia, saya ingin mengucapkan selamat kepada Asosiasi Sepak Bola Qatar karena telah diberikan hak menjadi tuan rumah Piala Asia 2023," ujar Presiden AFC Shaikh Salman bin Ebrahim.

Qatar merupakan juara bertahan Piala Asia setelah di tahun 2019 lalu menjuarainya di Uni Emirat Arab. Ini merupakan kali ketiga Qatar menjadi tuan rumah setelah tahun 1988 dan 2011.