Menpora Dukung PSSI Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023
Menpora Zainudin Amali (Foto: Ulfa Gusti/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali memberikan dukungan penuh kepada PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia untuk mengajukan diri jadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Menpora mengatakan, PSSI sejauh ini telah melakukan permohonan untuk pengajuan tuan rumah Piala Asia 2023.

“Ada permohonan dari PSSI untuk jadi tuan rumah Piala Asia," ucap Zainudin Amali di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa sore.

"Pemerintah sudah setuju dan mempersilakan (PSSI) untuk mencalonkan sebagai tuan rumah," tambah Menpora.

Meski telah memberi dukungan dan lampu hijau terhadap keinginan PSSI,  Menpora mengatakan bahwa keputusan terakhir tetap bergantung pada AFC selaku konfederasi sepak bola Asia.

"Hasilnya seperti apa dilihat nanti. Sebab saat ini sudah ada tiga negara yakni Korea Selatan, Jepang, dan Australia yang juga sudah mengajukan diri," jelas Amali.

"Intinya kita mendukung PSSI jika mau menjadi tuan rumah," tegas menteri asal Gorontalo ini.

Sebelumnya, kompetisi sepak bola terbesar Asia ini direncanakan digelar di China. Namun, dalam proses persiapannya, China justru mengundurkan diri lantaran masih fokus pada penanganan pandemi COVID-19 yang belum usai.

Dengan mundurnya China, AFC lalu membuka kesempatan kepada 24 negara yang telah dinyatakan lolos ke Piala AFC untuk mengajukan diri jadi tuan rumah. Momen ini dimanfaatkan negara seperti Jepang, Korea Selatan, Australia, dan juga Qatar.

AFC menetapkan batas pengajuan proposal tuan rumah Piala Asia adalah pada 30 Juni mendatang. Gelaran Piala Asia rencananya dilangsungkan pada 16 Juni hingga 16 Juli tahun depan