ASEAN Para Games 2022 Kemungkinan Berlangsung saat Puncak COVID-19 Subvarian Omicron BA4 dan BA5, Menpora: Mesti Disiplin
Menpora Zainudin Amali (baju putih). (Foto: Ulfa Gusti Utami/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menggelar pertemuan dengan pihak terkait untuk membahas persiapan ASEAN Para Games 2022 di Kantor Kemenpora, Selasa, 28 Juni. Dia optimistis Indonesia akan jadi tuan rumah yang sukses. 

Seperti diketahui, ASEAN Para Games akan digelar di Solo, 23-30 Juli mendatang. Persiapan yang matang terus dilakukan. 

"Hari ini (Selasa, 28 Juni) kami bahas persiapan (ASEAN Para Games 2022) dan sekaligus menyampaikan kepada instansi terkait yang terlibat untuk melaksanakan tanggung jawab dan kewajiban di perhelatan ini," buka Menpora yang menjabat Ketua Penyelenggara Asean Para Games 2022, saat konferensi pers.

"Pelaksanaan itu (persiapan) sudah membuat kita optimistis, kita akan siap menjadi tuan rumah penyelenggara agenda besar ini,” lanjutnya.

Menpora kemudian menaruh perhatian secara khusus pada situasi gelaran ASEAN Para Games 2022. Pasalnya, menjelang akhir Juli nanti diprediksi memuncaknya pandemi COVID-19 subvarian BA4 dan BA5.

"Diperkirakan saat perayaan ini (ASEAN Para Games 2022) juga jadi puncak COVID-19. Maka itu kita mesti disiplin, apalagi peningkatan status virus lebih hebat. Masker harus dipakai untuk pencegahan dan prokes akan semakin diperketat,” lanjut Menpora.

Persiapan untuk ASEAN Para Games 2022 meliputi venue, persiapan administrasi dan peserta juga sudah pada tahap final. Nantinya gelaran olahraga difabel terbesar se Asia Tenggara ini akan dihadiri lebih dari 2.000 atlet dari 11 negara yang akan tampil di 14 cabang olahraga.