Menpora Kembali Beri Dukungan untuk PSSI, Kali Ini Terkait Rencana Shin Tae-yong Difokuskan ke Timnas Indonesia U-20
Menpora Zainudin Amali. (Dok. Situs Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA - PSSI mengeluarkan wacana untuk memfokuskan Shin Tae-yong untuk melatih Timnas Indonesia U-20 yang akan tampil di Piala Dunia 2023. Langkah PSSI ini diambil karena melihat pelatih asal Korea Selatan itu nampak keteteran dalam menangani timnas senior, U-20 dan kelompok umur lainnya.

Rencana PSSI ini tak akan dihalangi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Dia menegaskan pihaknya tidak akan mengintervensi dalam pemilihan pelatih timnas sepak bola U-20 yang akan berlaga di Piala Dunia 2023.

"Silakan menentukan siapa yang akan berkonsentrasi menangani U-20," kata Zainudin Amali, seperti dinukil dari Antara, Sabtu, 11 Juni.

Ia mengatakan, pemilihan pelatih timnas merupakan wewenang dari PSSI sebagai federasi sepak bola Indonesia. Jadi Kemenpora akan menyerahkan semua keputusan di tangan PSSI.

Meski demikian, ia mengingatkan tentang sukses penyelenggaraan maupun sukses prestasi bagi Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2023 tersebut.

Lebih lanjut pria asal Gorontalo itu menegaskan, Menpora merupakan penanggung jawab atas kesuksesan penyelenggaraan Piala Dunia yang akan diikuti tim dari 23 negara tersebut.

Sementara Ketua Umum PSSI bertanggung jawab terhadap sukses prestasi timnas Indonesia di turnamen tersebut.

"Kita mau menjadi tuan rumah yang baik bagi 23 tim yang nanti bertanding, namun kita tidak mau tim kita di babak awal sudah babak belur," katanya.