Ketum PSSI dan Shin Tae-yong Bakal Bahas TC Timnas di Korea
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Pemusatan latihan (TC) tim nasional U-19 Indonesia dijadwalkan berlangsung pada 1 Agustus mendatang. Setelah beberapa hari TC di Jakarta, skuat Garuda Muda rencananya terbang ke Korea Selatan untuk melanjutkan persiapan jelang Piala Dunia U-20.

Di sana, timnas U-19 tak hanya melakukan proses latihan. Namun juga menggelar laga uji coba dengan beberapa klub lokal. Ini demi menguji kemampuan pemain yang bakal jadi tumpuan Merah Putih.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) belum mengumumkan secara rinci kapan timnas U-19 akan berangkat ke Korea. Jumlahnya pun masih tanda tanya, meski beredar kabar ada 30 pemain yang dibawa. 

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, dirinya masih akan membahas rencana TC di Korea dengan pelatih kepala timnas, Shin Tae-yong. Dia tak menutup kemungkinan rencana itu akan batal karena beberapa pertimbangan.

see_also]

- https://voi.id/olahraga/9120/kemenpora-siap-berikan-dana-bantuan-untuk-cabor-di-tengah-pandemi-tapi-ada-syaratnya

- https://voi.id/olahraga/9654/koi-berharap-kemenpora-tidak-terlena-dengan-predikat-wtp

- https://voi.id/olahraga/8901/menpora-buat-peta-jalan-untuk-perkuat-fondasi-pembinaan-atlet-olahraga

[/see_also]

"Belum diputuskan, nanti malam saya akan diskusikan dengan Shin untuk kelanjutan TC tersebut," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule itu kepada media.

Permasalahan TC ke Korsel sebenarnya sempat membuat hubungan Shin Tae-yong dengan PSSI memanas. Induk cabor olahraga sepak bola nasional itu sempat ngotot TC tetap digelar di Indonesia karena berbagai pertimbangan. Namun, Shin Tae-yong tak kalah ngotot.

Mantan pelatih timnas Korsel itu menyebut TC di luar negeri dibutuhkan untuk menguji level permainan timnas U-19. Pasalnya, mereka akan menghadapi event berlevel internasional, yakni Piala Dunia. Apalagi PSSI dan pemerintah memberikan target untuk menembus babak 16 besar.

Sementara itu, TC timnas senior dan U-19 yang sejatinya digelar akhir Juli ini terpaksa ditunda hingga awal Agustus. Ketum PSSI mengatakan, penundaan ini karena Shin Tae-yong ingin memastikan para pemain benar-benar bebas COVID-19.

"Shin Tae-yong juga tengah mengisolasi diri di apartemen," ujar Iwan Bule.