Bagikan:

JAKARTA — Sergio Ramos pernah meminta bantuan Presiden Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (RFEF) Luis Rubiales demi memenangi penghargaan Ballon d'Or.

Hal itu terungkap setelah sebuah rekaman percakapan di platform WhatsApp antara mantan bek Spanyol itu dengan Rubiales dibocorkan surat kabar El Confidencial. Percakapan itu terjadi antara 16 Juli 2020 dan 8 Agustus 2020.

Pemain yang saat ini memperkuat Paris Saint-Germain memang tidak pernah memenangkan penghargaan individu terbesar dalam sepak bola. Namun, ia pernah merasa punya kesempatan untuk meraih Ballon d'Or.

"Rubi, selamat malam. Saya harap Anda baik-baik saja dengan semua keluarga. Anda tahu saya tidak pernah meminta apa pun dari Anda, tetapi jika saya ingin melakukannya hari ini, itu karena saya pikir ini adalah tahun yang istimewa mengingat penampilan yang telah saya perlihatkan," kata Ramos, dikutip Marca.

"Saya ingin Anda membantu saya semampu yang Anda bisa lakukan dan mendekati beberapa orang penting di UEFA dan koneksi Anda untuk Ballon d'Or."

"Saya akan berterima kasih atas sisa hidup saya, tidak hanya demi saya, tetapi juga karena saya pikir sepak bola Spanyol sangat pantas mendapatkannya. Saya mengirimi Anda pelukan," ia menambahkan.

Rubiales yang menerima pesan itu pun memberikan tanggapan. Namun, ia mengatakan bahwa dirinya bersedia membantu bek tim nasional Spanyol itu sebisanya, tetapi tetap saja ia punya wewenang yang terbatas dalam urusan itu.

"Halo, Sergio. Pertama-tama, selamat, saya pikir ini tahun yang baik bagi Anda untuk mendapatkannya. Saya harap Anda memiliki final yang luar biasa di Liga Champions Eropa. Tentu saja bukan tergantung saya terkait Ballon d'Or, tapi jika saya dapat membantu Anda, Anda dapat berharap," kata Rubiales.

Ramos kemudian memberikan tanggapan atas respon yang diberikan Rubiales. Ia menjawab dengan penuh pengertian, tetapi tetap berharap penghargaan itu bisa jatuh kepadanya atas bantuan sang presiden.

"Saya tahu itu tidak tergantung pada Anda, tetapi hubungan juga penting. [Gianni] Infantino (Presiden UEFA) memberikan 'Yang Terbaik' yang juga sangat penting dan akan luar biasa," jawab Ramos.

"Bagaimanapun, saya mengandalkan bantuan Anda. Saya mengirimi Anda pelukan dan saya akan melihat Anda kapan pun Anda mau suatu hari nanti dan kami' akan makan siang," imbuhnya.