Ambisiusnya Toprak Razgatlioglu, Hanya Mau ke MotoGP dengan Tim Pabrikan
Pebalap Superbike, Toprak Razgatlioglu (kanan), bersama manajernya. (Foto: Dok. MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap asal Turki, Toprak Razgatlioglu, dipastikan bertahan di Kejuaraan Dunia Superbike pada musim 2023. Dia tak akan hijrah ke MotoGP karena belum mendapatkan tempat di tim pabrikan.

Sebelumnya, beredar kabar Toprak bakal berkiprah di MotoGP 2023 bersama Yamaha. Namun, Yamaha hanya menawarkan kursi di tim satelit (sebelum berpisah dengan RNF Racing).

Pasalnya, kursi di tim utama sudah terisi untuk MotoGP 2023. Yamaha resmi mempertahankan Fabio Quartararo untuk berduet dengan Franco Morbidelli.

Tawaran ini ditolak Toprak. Manajer sang pebalap, Kenan Sofuoglu, mengatakan kliennya hanya mau pindah ke MotoGP jika mendapatkan kursi di tim pabrikan.

"Satu yang jelas. Tim pabrikan Yamaha MotoGP telah mengontrak Quartararo. Jadi (Toprak) tak punya peluang," ujar Kenan dalam laman resmi MotoGP.

"Mereka berbicara soal tim B tapi selalu ketika saya bicara dengan Yamaha, saya mengatakan kami tak akan pernah tertarik berada di MotoGP bersama tim B."

"Jika kami datang ke MotoGP, hanya dengan tim pabrikan. Tanpa itu, kami tak tertarik," lanjut manajer Toprak tersebut.

Dia kemudian menjelaskan, Toprak bisa saja pindah ke MotoGP pada musim 2024. Sang manajer menyebut, pihaknya terbuka untuk berbicara dengan brand atau tim manapun.

Meski demikian, Kenan kembali menegaskan, Toprak hanya mau bergabung dengan tim pabrikan.

"Jika dia datang ke garasi MotoGP, itu hanya dengan tim pabrikan. Tanpa itu, dia akan tetap berada di WSBK. Saya hanya akan menempatkan pebalap saya di tim pabrikan," pungkasnya.