Posisi Andrea Dovizioso dan Darryn Binder "Digoyang" Pebalap Moto2 dan Juara Dunia Superbike
Pebalap WithU Yamaha RNF, Andrea Dovizioso. (Dok. Situs resmi MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Nasib Andrea Dovizioso dan Darryn Binder di tim WithU Yamaha RNF tengah tak aman. Posisi keduanya kini tengah digoyang dengan isu bakal hadirnya pebalap baru untuk tim satelit Yamaha itu pada MotoGP 2023.

Performa Andrea Dovizioso dan Darryn Binder memang jauh dari kata memuaskan. Terlebih buat Dovizioso yang sudah punya pengalaman banyak di MotoGP.

Andrea Dovizioso saat ini bertengger di posisi ke-20 klasemen pebalap MotoGP 2022 dengan delapan poin. Hasil terbaik yang diraih mantan pebalap Ducati dan Honda itu adalah finis ke-11 di MotoGP Portugal.

Sementara Darryn Binder saat ini menempati posisi ke-21 dengan enam poin. Dia pernah finis 10 besar saat balapan di MotoGP Mandalika. Namun, sebagai rookie, performa Binder masih bisa dimaklumi.

Meski demikian, itu bukan berarti pebalap asal Afrika Selatan itu tetap aman.

Kabarnya, kursi Dovizioso dan Binder tengah dipersiapkan untuk pebalap Moto2 Celestine Vietti dan juara Superbike 2021 Toprak Razgatlioglu.

Bahkan kabarnya, Toprak akan menjalani tes bersama Yamaha MotoGP pada Juni mendatang. Ini semakin menguatkan sinyal pebalap asal Turki akan pindah ke MotoGP musim depan.

Terkait hal ini direktur tim balap Yamaha, Lin Jarvis, tak mengiyakan, namun juga tak membantah. Dia mengindikasikan, kemungkinan itu ada.

"Vietti bisa menjadi isu. Tapi saya pikir dia juga akan dipertimbangkan tim Mooney VR46 Team. Saya tak tahu apakah di sana ada tempat untuknya karena mereka punya Luca Marini dan Marco Bezzecchi. Dia (Vietti) jelas salah satu pebalap yang menarik," ujar Jarvis.

Sedangkan untuk Toprak, Jarvis pun belum bisa memberi kepastian. "Kami tak punya tempat untuknya di tim pabrikan. Dia harus mencoba motor lebih dulu, kemudian kami akan melihat bagaimana performa dan kecepatannya," tutur Jarvis.

"Setelah itu, jika dia memiliki niatan untuk masuk ke MotoGP, kami dapat menawarkan tempat terbaik kami, yaitu RNF," lanjutnya menjelaskan.