Mengupas Lima Pebalap Pendatang Baru di MotoGP 2022
Darryn Binder, rookie MotoGP 2022 paling istimewa karena langsung meloncat dari Moto3 tanpa pernah merasakan persaingan di Moto2. (Foto: MotoGP.com)

Bagikan:

JAKARTA - Persaingan panas MotoGP 2022 bukan hanya dalam perebutan gelar juara dunia. Pertarungan lima pebalap pendatang baru juga akan sengit, hadirnya 5 pebalap rookie yakni Raul Fernandez, Remy Gardner, Marco Bezzecchi, Fabio Di Giannantonio, dan Darryn Binder menambah sengitnya MotoGP musim ini. Sementara Binder pebalap Moto3 yang langsung loncat ke MotoGP, memerlukan proses adaptasi yang lebih panjang dibandingkan dengan keempat rivalnya yang sempat merasakan Moto2.

Jika melihat dari latar belakang kelimanya, semuanya memiliki prestasi yang tidak bisa diremehkan. Gardner dan Fernandez misalnya, merupakan juara dan runner-up Moto2 2021. Keduanya berhasil naik level ke MotoGP setelah mendapatkan predikat tersebut. Apakah keduanya dapat menjadi kandidat kuat rookie terbaik MotoGP 2022?

Raul Fernadez, runner up Moto2 2021 yang kini membalap di MotoGP dan membela tim Tech3 KTM. (Foto: MotoGP.com)

Untuk  untuk Gardner dan Fernandez, sebagai penyandang predikat juara dan runner up Moto2 2021 akan menjadi modal yang besar. Setidaknya dari sisi kepercayaan diri dan skill. Ketika berlaga di Moto2 keduanya dikenal sebagai pebalap ulung yang memiliki strategi jitu.

Di atas kertas Gardner dan Fernandez yang membela tim Tech3 KTM lebih unggul. Mereka dimodali motor KTM RC16 dengan spesifikasi pabrikan seperti yang dipakai oleh pebalap utama tim pabrikan Austria itu, Miguel Oliveira dan Brad Binder.

Tiga rookie lainnya akan mendapat motor spesifikasi tahun lalu dengan peningkatan di beberapa bagian.

Dua pebalap debutan itu diyakini oleh Kepala Tim Tech3, Herve Poncharal akan kompetitif  pada musim ini.

“Mereka memiliki bakat besar dan mentalitas juara, yang ditunjukan selama di kelas Moto3 dan Moto2. Target mereka pun bukan hanya di 10 besar, melainkan bisa masuk lima besar, serta bisa meraih rookie terbaik di akhir musim,” katanya kepada The Race.

Analisis Catatan Waktu

Berdasarkan catatan waktu selama tes yang dianalisis, Fernandez memimpin dalam dua kali shakedown test hari pertama di Sirkuit Sepang pada 31 Januari. Fernandez paling konsisten di setiap rentang waktu, yaitu di bawah 1 menit 40 detik. Catatan waktu Fernandez di hari pertama itu mengungguli Gardner yang tidak bisa mencetak waktu di bawah 1 menit 40 detik.

Di Giannantonio yang membela Gresini Ducati dengan motor Desmosedici GP21 menjadi pebalap selain Fernandez yang menembus 1 menit 40 detik. Bezzecchi yang  kini membela tim Mooney VR46, berada dalam level yang setara dengan Gardner. Sementara Binder yang membela RNF Yamaha hanya bisa mencetak waktu di bawah 1 menit 42 detik, dikutip dari The Race.

Namun satu nama mencuri perhatian publik, lantaran melakukan lompat kelas adalah Darryn Binder. Mengapa? Sebab pebalap yang berlaga di MotoGP dan menyandang status rookie biasanya berasal dari Moto2. Binder berangkat dari pebalap Moto3, yang langsung masuk ke gelaran MotoGP. Binder seperti pebalap asal Australia, Jack Miller. Pada 2015 Miller masuk ke MotoGP di tim LCR Honda, tanpa sempat merasakan membalap di Moto2.

Pebalap tim Tech3 KTM Racing asal Australia, Remy Gardner. Juara Moto2 2021 yang mewarisi kehebatan ayahnya yang juara GP500 1987, Wayne Gardner. (Foto: MotoGP.com)

Binder, 24 tahun, adalah adik dari Brad Binder, pebalap MotoGP dari Red Bull KTM. Ia menjadi pebalap kedua dalam sejarah yang melompat kelas dari Moto3 langsung ke MotoGP. Dalam tujuh tahun karirnya di Moto3, Binder tercatat enam kali podium termasuk merayakan kemenangan pertamanya di Catalunya pada 2020.

Binder akan menjadi tandem runner-up MotoGP tiga kali Andrea Dovizioso pada musim ini di WithU Yamaha RNF, yang sbelumnya bernama Petronas Yamaha SRT. Setelah ditinggal Petronas sebagai sponsor utamanya pada akhir 2021, tim SRT melanjutkan perjalanannya di MotoGP dengan brand baru yaitu RNF Racing dan menggandeng sponsor asal Italia WithU.

Hal ini tentu saja  membuat persaingan pebalap rookie tahun 2022 ini semakin menarik. Persaingan ini mengingatkan kita pada Jorge Martin dan Enea Bastianini, yang berhasil memberikan hiburan luar biasa untuk penggemar MotoGP tahun lalu.

Motor yang Digunakan

Biasanya rookie akan menggunakan motor lawas, sehingga akan sulit bersaing. Namun Gardner dan Fernandez menggunakan motor KTM RC16 2022. Motor yang sama dengan yang digunakan oleh tim pabrikan dan pebalap utama Red Bull KTM Factory Racing.

Sementara Bezzecchi, Di Giannantonio, dan Binder akan menggunakan motor dengan versi 2021 dari masing-masing tim pabrikan. Dua nama pertama akan menunggangi Ducati  Desmosedici GP21, dan Binder dipercaya menggunakan Yamaha YZR-M1 versi 2021.

Tentu, persaingan memperebutkan gelar rookie terbaik akan sangat seru di tahun ini. Setiap pebalap rookie memiliki karakter dan keunikannya masing-masing, untuk di bawa ke gelaran MotoGP 2022. Semoga gelaran tahun ini menjadi makin seru.