Setelah 25 Tahun, MotoGP Kembali Meraung di Indonesia: Wajar Jika Antusiasme Membuncah
Para pebalap MotoGP berpose untuk mempromosikan pergelaran musim balap 2022 yang direncanakan sebanyak 20 seri. (Foto: MotoGP.com)

Bagikan:

JAKARTA - Indonesia resmi masuk kalender balap MotoGP 2022. Seri MotoGP Mandalika akan digelar pada 20 Maret 2022. Usai balapan MotoGP Qatar 2022, para rider top dunia sudah siap-siap untuk ngegas di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Selama tiga hari 18-20 Maret Indonesia akan menjadi tuan rumah kejuaraan balap motor kelas dunia di Sirkuit Mandalika.

Sebelumnya MotoGP Qatar mendapat kejutan dengan Rider Gresini Racing Enea Bastianini yang menjadi pemenang. Dia mencetak sejarah dengan membukukan kemenangan perdana di MotoGP sekaligus menjadi rider keempat Gresini yang sukses menjadi juara di kelas primer.

Melalui siaran persnya Mandalika Grand Prix Associaton (MGPA) menjelaskan, MotoGP Mandalika akan dibuka dengan pawai para pebalap mengendarai motor bersama Presiden Joko Widodo di Jakarta pada 16 Maret 2022. Mereka akan berangkat ke Jakarta pada 15 Maret sore menggunakan pesawat sewa dan menginap di hotel di Jakarta.

Kemudian, pada 16 Maret pagi, mereka akan disambut oleh Presiden Jokowi di Istana Merdeka. Pawai direncanakan menggunakan motor replika  lengkap dengan kostum balapnya , dengan rute melewati Istana Merdeka, Medan Merdeka Barat, Bundaran Hotel Indonesia, dan kembali ke Istana. Setelah pawai, para pebalap dijadwalkan terbang kembali ke Mandalika pada 16 Maret sore menggunakan pesawat khusus.

Pebalap tim Ducati, Francesco Bagnaia melintas di salah satu tikungan yang ada di Sirkuit Mandalika saat tes pramusim MotoGP 2022 pada Februari lalu. (Foto: MotoGP.com)

Pebalap yang akan mengikuti pawai ada 20 orang, dengan 16 pebalap MotoGP, 2 pebalap Moto2, 1 pebalap Moto3, dan 1 pebalap Asia Talent Cup.

Para pebalap MotoGP yang ada dalam daftar saat ini ialah Marc Marquez, Pol Espargaro, Joan Mir, Alex Rins, Francesco Bagnaia, Jack Miller, Enea Bastianini, Fabio Di Giannantonio, Johann Zarco, Jorge Martin, Alex Marquez, Takaaki Nakagami, Andrea Dovizioso, Darryn Binder, Luca Marini, dan Marco Bezzecchi.

Ada delapan pebalap MotoGP yang tidak  terlibat  dalam acara tersebut. Mereka ialah dua pebalap Monster Energy Yamaha, yakni Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

Kemudian ada dua pebalap Aprilia Racing, yakni Aleix Espargaro dan Maverick Vinales. Selain itu ada juga pebalap KTM, yakni Brad Binder, Raul Fernandez, Miguel Olivieira dan Remy Gardner dengan alasan perbedaan jadwal.

Sementara dua pebalap Moto2 adalah Bo Bendsneyder dan Gabriel Rodrigo yang membela tim Pertamina Mandalika SAG. Dua pebalap Indonesia yang ikut pawai ialah para pebalap binaan Astra Honda Motor. Mereka adalah pebalap Moto3, Mario Suryo Aji yang membela Honda Team Asia, serta pebalap Asia Talent Cup Veda Ega Pratama yang berasal dari Gunung Kidul, Yogyakarta. Pebalap berusia 13 tahun itu baru saja meraih podium ketiga dalam balapan Asia Talent Cup seri pertama di Losail, Qatar.

Presiden Jokowi saat mencoba lintasan Sirkuit Mandalika dengan motor pribadinya pada 12 November 2021. (Foto: Dok. Sekretariat Kabinet/setkab.go.id) 

MotoGP melalui laman medianya menilai, acara  pembuka dengan pawai ini sangat unik untuk menyambut kembalinya MotoGP ke Indonesia setelah 25 tahun.

”Perayaan akan dimulai di ibu kota Jakarta pada Rabu, 16 Maret. Ada 20 pebalap luar biasa yang akan ikut serta dalam parade yang unik, dimulai dan diawali di Istana Merdeka. Presiden Jokowi akan menyambut para pebalap di Istana, termasuk sejumlah bintang olahraga, termasuk tokoh-tokoh lokal. Presiden kemudian akan bergabung dalam parade dan berkendara bersama mereka,” tulis rilis MotoGP.

Indonesia pernah dua kali menggelar balapan kelas elite itu pada 1996 dan 1997 saat masih bernama GP500. Balapan digelar di di Sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kargo Logistik dan Pengaspalan Ulang

Dalam siaran pers dari Mandalika Grand Prix Association (MGPA), pengaspalan ulang sebagian lintasan Sirkuit Mandalika antara tikungan 16 dan 17 sampai antara tikungan 5 dan 6 telah selesai pada Rabu siang 9 Maret.

Pengaspalan ulang sudah dimulai pada Sabtu 5 Maret. Setelah itu akan melalui proses pendinginan selama satu hari. Selanjutnya, MGPA akan lakukan proses pembersihan.

Sementara itu, kargo logistik untuk ajang balap MotoGP telah tiba di Bandara Internasional Praya, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Rabu 9 Maret sekitar pukul 14.50 WITA . Kargo akan datang secara bertahap sampai Jumat 11 Maret dalam lima penerbangan dari Doha, Qatar.

Pada Rabu, ada tiga kali kedatangan kargo. Kedatangan kargo pertama dengan pesawat kargo Qatar Airways QR8356, sedangkan yang kedua pesawat kargo QR8062. Kedatangan kargo ketiga menggunakan pesawat kargo Qatar Airways dengan nomor penerbangan QR8000.

Kargo MotoGP memuat semua perlengkapan yang dipakai dalam sebuah seri balap, termasuk dua BMW M2 CS Racing MotoGP yang digunakan sebagai safety car. (Foto: MotoGP.com)

Menurut Vice President Director MPGA, Cahyadi Wanda, aturan baru dari pemerintah memudahkan pekerjaan panitia ketika menyambut para pebalap dan krunya yang datang ke Mandalika.

Kebijakan pemerintah melonggarkan aturan COVID-19 memberi dampak positif buat MotoGP Mandalika.

“Di satu sisi kami berterima kasih karena pemerintah mungkin juga melihat bagaimana negara-negara lain sekarang sudah semakin terbuka. Dan yang paling penting kasus COVID-19 di Indonesia sudah menurun," katanya.

Jadwal MotoGP Mandalika

  • Sesi latihan bebas I MotoGP Mandalika akan berlangsung, Jumat (28/3/2022) pada pukul 09.50 WIB sampai 10.35 WIB. Sesi latihan bebas II berlangsung pada pukul 14.05-14.50 WIB.
  • Sesi pada, Sabtu (19/3), akan mementaskan latihan bebas III pada pukul 9.50-10.35 WIB. Sementara dua sesi kualifikasi MotoGP Mandalika digelar pada pukul 14.05-14.45 WIB.
  • Sajian utama MotoGP Mandalika akan digelar, Minggu (20/3). Balapan akan start pada pukul 14.00 WIB.

Setelah 25 tahun berlalu, wajar kalau kemunculan kembali balap motor kelas primer di Indonesia dalam wujud MotoGP disambut meriah dan antusias. Ini bukan sekedar ajang adu balap, namun etalase untuk memperkenalkan Indonesia ke mata dunia.