4 Pebalap MotoGP yang Nasibnya Terancam, Maverick Vinales Satu di Antaranya
Pebalap Aprilia Racing, Maverick Vinales. (Dok. MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Bursa pebalap MotoGP musim 2023 sudah mulai panas meskipun musim 2022 baru berjalan enam seri. Sejumlah tim sudah mulai bergerilya untuk menentukan komposisi tim musim depan.

Sejumlah pebalap pun kini tengah terancam posisinya. Jika tak mampu memberikan kesan yang impresif dalam beberapa balapan ke depan, mereka bisa saja terdepak.

Ada empat nama yang terancam posisinya. Pertama adalah Maverick Vinales. Pebalap asal Spanyol ini memang diikat Aprilia Racing hanya sampai akhir musim 2022.

Belum ada tanda-tanda Aprilia akan memperpanjang kontrak mantan pebalap Yamaha itu. Nampaknya, Aprilia masih belum yakin mempertahankan Vinales setelah melihat performanya di awal musim MotoGP 2022.

Dari enam balapan yang sudah dilakoni, pencapaian terbaik Vinales adalah menempati posisi ketujuh pada balapan MotoGP Argentina. Sementara sisanya di luar dari sembilan besar. Jika tak kunjung menunjukkan performa yang impresif, bukan tak mungkin Vinales akan terdepak dari posisinya saat ini.

Selain Vinales, ada juga nama Andrea Dovizioso. Pebalap WithU Yamaha RNF ini juga tampil memble di MotoGP 2022. Bahkan, dia selalu gagal masuk 10 besar dari enam balapan yang dilakoni.

Pihak Yamaha RNF sudah mewanti-wanti Andrea Dovizioso. Dia wajib meraih hasil minimal 10 besar jika ingin tetap bertahan dalam tim.

Dua nama lainnya adalah pebalap LCR Honda, Takaaki Nakagami dan Alex Marquez. Keduanya juga tampil jauh dari kata memuaskan di musim 2022.

Saat ini, Nakagami dan Alex Marquez menempati posisi ke-15 dan 17 klasemen sementara pebalap MotoGP 2022. Hasil terbaik yang diraih keduanya hanyalah finis ketujuh. Nakagami meraihnya pada balapan MotoGP Spanyol, sedangkan Alex Marquez di MotoGP Portugal.

Belakangan muncul kabar, posisi Nakagami bakal digeser pebalap Honda Team Asia yang kini berkiprah di Moto2, Ai Ogura.