Andrea Dovizioso Nilai MotoGP Sudah Banyak Berubah: Hanya 4 Pebalap yang Cepat Beradaptasi
Pebalap Yamaha RNF Racing, Andrea Dovizioso, menilai MotoGP sudah banyak berubah. (Foto: Instagram @andreadovizioso)

Bagikan:

JAKARTA – Pebalap WithU Yamaha RNF Racing, Andrea Dovizioso menilai saat ini balapan MotoGP sudah banyak berubah. Tidak banyak pebalap yang bisa cepat beradaptasi dengan racikan motor MotoGP.

Menurut pebalap yang menjalani musim ke-20 di kejuaraan dunia sepeda motor bergengsi itu, saat ini hanya ada empat pebalap yang bisa beradaptasi dengan motor MotoGP. Keempat pebalap itu adalah Fabio Quartararo (Yamaha), Aleix Espargaro (Aprilia), serta duo Ducati Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini.

"Fabio adalah yang paling stabil saat ini, baik secara mental maupun dalam hal pemahaman motor. Dialah yang juga bisa menjadi yang paling konsisten sepanjang musim,” kata Dovizioso dilansir dari Speedweek.

Saat ini Quartararo sebagai juara bertahan masih menduduki posisi teratas klasemen pebalap dengan mengoleksi 147 poin. Ia unggul sebanyak 22 poin atas Aleix Espargaro yang mengekor di posisi kedua.

Adapun duo Ducati Bastianini dan Bagnaia masuk dalam persaingan di lima besar klasemen sementara. Kedua mengisi tempat ketiga dan kelima mengapit pebalap Prancis Johann Zarco yang juga membalap untuk Ducati.

"Tapi saya melihat seorang Aleix dan Aprilia yang sadar bagaimana mereka bekerja dan perlu mendekati akhir agar kompetitif. Itu sebabnya mereka membawa pulang podium. Konsistensi ada di sana dan saya berharap mereka terus seperti ini,” katanya.

”Saya pikir Bastianini dan Pecco memiliki kecepatan sedikit lebih dari yang lain. Itu berarti mereka dapat mengejar poin dan memenangkan lebih banyak balapan. Namun, itu tidak berarti mereka melakukannya, tetapi saya pikir mereka punya potensi untuk melakukannya,” tambah Dovizioso.

Balapan MotoGP 2022 bakal memasuki seri kesepuluh pada akhir pekan ini. Balapan akan berlangsung di Sirkuit Sachsenring, Jerman, pada Minggu, 19 Juni nanti.