Bagikan:

JAKARTA - Ganda campuran Indonesia, Rinov Rinaldy/Pitha Haningtyas Mentari tumbang di babak pertama Indonesia Open 2022, Selasa, 14 Juni. Mereka menyerah dari wakil Korea Selatan, Seo Seung-jae/Chae Yoo-jung.

Rinov/Pitha kalah dua gim langsung dengan skor 19-21 dan 11-21. Kekalahan ini diakui Rinov karena kondisi mereka yang belum prima untuk berlaga.

"Iya, sempat terkendala, kemarin saya sempat sakit juga dari Kamis saat melawan (Praveen) Jordan. Saya sempat muntah dan diare," kata Rinov seusai pertandingan.

"Puncaknya, saat kalah lawan Thailand, itu mulai meriang. Habis itu kemarin saya pulang langsung, belum bisa makan dan kami harus main. Baru sempat PCR dan belum sempat latihan," tuturnya.

Kendati begitu, Rinov langsung sigap mengatakan, tak menjadikan kondisinya yang tak prima ini sebagai kambing hitam. Menurutnya, sebagai atlet mereka memang mesti tampil maksimal bagaimanapun keadaannya.

Rinov mengaku, akan melakukan evaluasi setelah kegagalan di Indonesia Open 2022. Salah satu yang jadi kelemahan adalah kekuatan pukulan.

"Kekuatan harus ditambahkan lagi dan harus lebih giat lagi, lebih konsisten lagi, itu sih yang paling penting. Karena secara permainan sudah hampir sama semua sekarang. Jadi lebih penting juga untuk pede, konsisten, dan kekuatan," ujar Rinov.

Sementara Pitha mengatakan, mereka sudah berusaha mengeluarkan seluruh kemampuan. Tetapi menurutnya lawan lebih siap dan cepat untuk mengubah pola permainan di setiap kesempatan.

"Saat gim pertama kami coba buat maksa main, kami berusaha keluarkan semua yang kami punya dan waktu gim kedua kami mencoba mempertahankan pola seperti gim pertama. Namun, lawan jauh lebih siap dan kami lama untuk mengubah pola lagi," ujar Pitha.