Hasil Indonesia Open 2023: Rinov/Pitha Menang, Buka Langkah Indonesia Menuju Babak 16 Besar
Rinov/Pitha Menang, masuk ke Babak 16 Besar Indonesia Open 2023. (Twitter @INAbadminton)

Bagikan:

JAKARTA - Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas berhasil mengamankan tempat di babak 16 besar Indonesia Open 2023. Kepastian itu diraih setelah menang atas wakil Prancis, Thom Gicquel/Delphine Delrue dalam dua gim langsung yang berakhir 21-14 dan 21-15.

Tampil di Istora Senayan pada Rabu, 14 Juni siang, Rinov/Pitha sempat tertinggal lebih dulu di poin-poin awal, tapi ganda campuran ini mampu menyusul tiap poin yang diciptakan Thom Gicquel/Delphine Delrue.

Rinov/Pitha mulai panas ketika memasuki poin8-9, upaya mereka terus berbuah manis karena Pitha beberapa kali sukses membalikan dengan pukulan keras hingga keunggulan berbalik untuk Indonesia. Di interval pertama, Rinov/Pitha mampu membuktikan keunggulan dengan poin 11-9.

Setelah jeda, keunggulan di interval pertama dimanfaatkan Rinov/Pitha untuk menjauh dari perolehan Thom/Delphine. Keunggulan terus diraih Rinov/Pitha, sementara pasangan Prancis hanya bisa menambah dua poin dari hasil interval pertama dengan skor 12-18.

Memasuki poin krusial, Rinov/Pitha dihadapkan pada situasi menguntungkan, challenge yang diminta saat poin 19-12 disetujui wasit dan membuat mereka unggul 20-12. Tinggal satu poin untuk menuju keunggulan gim pertama, langkah sempat terjegal dengan tambahan dua poin dari lawan, tapi akhirnya gim pertama jadi milik Rinov/Pitha yang unggul 21-14.

Poin unggul di gim pertama tak dimanfaatkan dengan baik oleh Rinov/Pitha, sebab di gim kedua mereka malah tertinggal dari Thom/Delphine. Beberapa kali pengembalian shuttlecock yang menabrak net membuat Indonesia tertinggal, hingga interval kedua jadi milik Prancis dengan skor 11-7.

Setelah jeda Rinov/Pitha berupaya mengejar dengan menambah dua poin, situasi kembali membawa keuntungan bagi Indonesia karena challenge out yang diminta Pitha berhasil dan membawa poin 10-12. Dari momen itu Indonesia terus melesat hingga masuk poin krusial 19-14.

Dua angka menuju kemenangan, penampilan Rinov/Pitha semakin meyakinkan, satu pukulan keras dari wakil Prancis sengaja dilewatkan dan menjadi poin 20-14. Kepastian melaju ke babak 16 besar kemudian direbut Rinov/Pitha lewat shuttlecock yang gagal melewati net dari Delphine, skor akhir 21-15 untuk Indonesia.

Keberhasilan Rinov/Pitha menjadi langkah pembuka untuk wakil Indonesia di babak 16 besar Indonesia Open 2023, sebab Chico Aura Dwi Wardoyo yang tampil sebelumnya justru kandas di laga pembuka.