Kunci Kemenangan Rinov/Pitha dari Wakil Prancis di Babak 32 Besar Indonesia Open 2023: Berguru Pada Rehan/Lisa 
Rinov/Pitha Menang, masuk ke Babak 16 Besar Indonesia Open 2023. (Twitter @INAbadminton)

Bagikan:

JAKARTA - Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas berhasil lolos dari babak 32 besar Indonesia Open 2023. Mengalahkan wakil Prancis, Thom Gicquel/Delphine Delrue yang merupakan unggulan kelima, Rinov/Pitha beberkan rahasianya. 

Sempat bertemu di Malaysia Open 2023 pertengahan Januari lalu, Rinov/Pitha kalah dari wakil Prancis itu. Tapi momen tersebut jadi pembelajaran berharga bagi keduanya untuk memperbaiki performa.

Kata Rinov kemenangan atas Thom/Delphine ini bukan cuma karena usaha mereka yang cepat mengubah pola permainan. Tapi juga karena bekal ilmu yang mereka dapat dari sang senior Rehan Naufal/Lisa Ayu.

“Mungkin kalau permainan mereka (Thom/Delphine) tadi yang saya lihat polanya sama, tetapi kitanya yang berubah, dari pengalaman ketemu di Malaysia. Jadi kita mengubah pola,” kata Rinov Rivaldy dalam konferensi pers setelah laga.

“Kita juga tanya pada rekan kita yang sering menang, Rehan/Lisa, gimana caranya mengalahkan mereka. Itu jadi bekal kita juga,” lanjut Rinov. 

Keputusan Rinov/Pitha untuk berguru pengalaman dari Rehan/Lisa berdasar dari hasil yang dihadapi sang senior setelah beberapa kali tampil. Pasalnya dari catatan yang ada, Rehan/Lisa menang 4-0 dari pasangan asal Prancis itu di berbagai turnamen.

Soal penampilan Rinov/Pitha, mereka tampil di Istora Senayan pada Rabu, 14 Juni siang dengan menjanjikan. Rinov/Pitha menang dalam dua gim langsung dengan skor 21-14 dan 21-15.

Walaupun pada akhirnya menang, tapi Rinov/Pitha sempat tertinggal di awal gim kedua. Soal ini Rinov mengatakan hal tersebut dipengaruhi situasi angin di lapangan. Tapi dengan improvisasi cepat, situasi itu bisa diatasi.

“Tadi kan ada kalah angin dan menang angin. Kita yang pertama kalah angin jadi bisa mengelola permainan lebih enak,” bebernya.

“Tapi yang kedua kita menang angin jadi dikit-dikit out. Tapi untungnya kita bisa cepat improve sehingga bisa membalikkan keadaan,” jelas Rinov.