Sempat Heboh Pemain Malaysia Diduga Keracunan, PBSI Perketat Pengawasan pada Makanan untuk Atlet Indonesia Open
Konferensi pers Indonesia Open 2022. (Foto: Cosmas Kopong Beda/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - PBSI bakal memperketat pengawasan makanan untuk atlet-atlet yang berpartisipasi di Indonesia Open 2022. Ini sebagai tindakan preventif agar pemain tidak keracunan makanan.

Dugaan beberapa pemain tamu keracunan makanan sebelumnya sempat meramaikan pemberitaan pada pagelaran Indonesia Masters 2022 pekan kemarin. Agar tidak menjadi kontroversi lagi, PBSI selaku panitia memperkuat food security.

"Dengan mendatangkan dokter tambahan untuk melakukan pengecekan sesuai dengan SOP. Setelah kejadian itu, semua makan yang sajikan untuk atlet sudah melalui pemeriksaan. Ini akan berlaku juga untuk Indonesia Open," kata Sekjen PBSI Moh Fadil Imran dalam konferensi pers Senin, 13 Juni.

Dugaan atlet keracunan makanan di Indonesia Masters pertama kali mencuat melalui media sosial setelah pemain ganda putra Malaysia, Low Juan Shen, menceritakan pengalamannya di platform Instagram.

Mengetahui kejadian itu, PBSI pun langsung mengambil langkah melakukan investigasi. Mereka kemudian menemukan fakta bahwa atlet-atlet yang diduga keracunan mengkonsumsi makanan di luar hotel.

Fadil mengatakan, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi, pihaknya pun berkoordinasi dengan pihak hotel agar pembelian bahan baku, proses pemasakan, dan penyajian harus dipastikan higienis.

"Kami akan terus menyempurnakan hal-hal yang menjadi celah sehingga kejadian serupa tidak terjadi. Kami juga sudah menghimbau kepada atlet agar selama pertandingan mengkonsumsi makan yang disediakan hotel," katanya.

Ajang Indonesia Open 2022 digelar mulai 14 sampai 19 Juni. Indonesia total mengirim sebanyak 20 wakil dengan mayoritas pada sektor ganda putra sebanyak delapan pasang.