Atlet Malaysia Diduga Keracunan Makanan di Indonesia Masters 2022, Ini Tanggapan PBSI
Pebulu tangkis spesialis ganda putra Malaysia Low Juan Shen mengaku keracunan makanan di Indonesia Masters (Insatgram @lowjuanshen)

Bagikan:

JAKARTA - PBSI membeberkan kronologi dugaan atlet Malaysia keracunan makanan dalam ajang Indonesia Masters 2022. Langkah medis pun sudah ditempuh induk bulu tangkis nasional itu.

Dugaan atlet keracunan makan itu pertama kali diketahui setelah pebulu tangkis spesialis ganda putra Malaysia Low Juan Shen mengungkapkan pengalamannya melalui Instagram pada Jumat, 10 Juni pagi WIB.

Dalam siaran live media sosial tersebut, Low Juan mengaku bahwa dirinya keracunan makan yang mengganggu pencernaannya. Tidak hanya dirinya, beberapa atlet negara lainnya juga kabarnya ikut keracunan makanan.

Kepala Bidang Humas dan Media Broto Happy mengatakan bahwa sejauh ini pihaknya belum menerima laporan resmi soal kejadian itu. Namun, yang pasti adalah ada dua official hotel yang digunaķan penyelenggara untuk menginapkan atlet.

Hotel yang dimaksud adalah Hotel Century dan Fairmont. Namun, atlet yang menginap di dua hotel itu hanya mendapat pasokan makanan untuk sarapan, sedangkan untuk makan siang dan malam masing-masing atlet mengupayakan sendiri.

"Selama ini panitia di turnamen mana pun tidak pernah menangani menu makan siang dan malam," kata Broto dalam konferensi pers pada Jumat siang.

Menurut informasi total sebanyak lima atlet Malaysia yang diduga kuat mengalami keracunan makan. Informasi ini juga masih simpang siur sehingga PBSI pun terus memastikan apakan ada indikasi kuat atlet keracunan makan.

Broto menjelaskan bahwa pihaknya mengetahui informasi tersebut awalnya dari media sosial. Namun, yang pasti mereka sudah melarikan atlet terduga keracunan ke rumah sakit netral yang tidak bermitra dengan PBSI dan pihak hotel gunakan memastikan dugaan itu.

"Pihak panitia sudah meminta ke hotel itu agar sarapan dipisahkan dengan para tamu. Kita tahu di hotel manapun atlet dan tamu sarapan bareng. Untuk meminimalisir kejadian ini PBSI sudah koordinasi dengan pihak hotel," ujar dia.

Atlet yang diduga keracunan merupakan atlet-atlet yang saat ini sudah tersingkir dari ajang Super 500 BWF tersebut. Termasuk Low Juan yang langsung pulang di babak pertama oleh wakil Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.