Cerita Joan Mir Lihat Kehaluan Aleix Espargaro di MotoGP Barcelona: Dia Tak akan Mengulanginya lagi
Pebalap Suzuki, Joan Mir. (Dok. MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, memaklumi kesalahan yang dibuat Aleix Espargaro pada balapan MotoGP Barcelona, Minggu, 5 Juni. Menurutnya, hal itu bisa saja terjadi dalam balapan.

Joan Mir kemudian menceritakan apa yang dia saksikan saat kejadian itu. Dia menyakini, Aleix Espargaro kehilangan fokus sehingga melakukan blunder tersebut.

"Pada lap terakhir, saya melihat dashboard motor saya, tapi ketika Anda melaju dengan kencang, Anda harus fokus," ujar Joan Mir, seperti dikutip Motosan.

"Pada satu titik, saya berpikir dia telah selesai atau motornya telah mengalami masalah, kemudian saya melihat Zarco terus memacu motornya dan saya paham apa yang terjadi," lanjutnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Aleix Espargaro kehilangan podium di Sirkuit Catalunya setelah melakukan kesalahan fatal. Saat balapan tersisa satu lap, pebalap Spanyol itu sudah melambaikan tangan ke penonton dan berpikir finis di podium kedua.

Namun, dia baru tersadar balapan belum berakhir setelah melihat pebalap di belakangnya masih memacu kecepatan. Akibatnya dia disalip Jorge Martin, Johann Zarco dan Joan Mir.

Luca Marini juga sempat menyalip Aleix Espargaro, namun pebalap Aprilia Racing itu berhasil merebut kembali posisinya. Dia pun harus finis di posisi kelima.

"Sulit untuk dijelaskan, tapi ketika Anda mengendarai motor MotoGP, melakukan 25 lap pada batasnya, sangat mudah untuk melakukan kesalahan," tutur juara dunia MotoGP 2020 itu.

"Saya yakin Aleix (Espargaro) tak akan melakukannya lagi," pungkas Joan Mir.