Klasemen MotoGP 2022 usai Fabio Quartararo Juara dan Aleix Espargaro Blunder di Sirkuit Catalunya
Fabio Quartararo (depan) menjuarai balapan MotoGP Barcelona di Sirkuit Catalunya. (Foto: Dok. MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA — MotoGP 2022 sudah menyelesaikan seri kesembilan di Grand Prix (GP) Barcelona di Sirkuit Catalunya. Berikut ini klasemen sementara pebalap setelah seri tersebut rampung.

MotoGP Barcelona berlangsung pada Minggu, 5 Juni malam WIB. Pebalap Yamaha Fabio Quartararo sukses keluar sebagai pemenang balapan setelah mendominasi lomba sejak awal.

Ini kedua kalinya Quartararo naik podium pertama musim ini setelah sebelumnya memenangi GP Portugal. Tambahan 25 poin pun membuat pebalap 23 tahun itu kian kokoh di puncak klasemen.

Saat ini Quartararo sudah mengoleksi total 147 poin. Ia unggul sebanyak 22 poin dari rider Aprilia Racing, Aleix Espargaro yang baru mengumpulkan 125 poin.

Aleix sebenarnya bisa saja tak terpaut angka sejauh itu dari sang juara bertahan. Namun, blunder yang ia lakukan di hadapan publiknya sendiri memaksa ia harus kehilangan sembilan poin.

Pebalap asal Spanyol itu sebenarnya bisa finis pada urutan kedua saat balapan tersisa satu lap lagi. Namun, kesalahannya menghitung lap membuat ia mengira lomba sudah selesai.

Ia pun berselebrasi dengan melambaikan tangan ke penonton sebelum menyadari balapan masih berlangsung. Saat sadar Aleix pun langsung tanpa gas, tapi ia harus puas finis di tempat kelima.

Di balapan tersebut, Quartararo memulai balapan dari posisi ketiga, di belakang Aleix Espargaro dan Francesco Bagnaia. Ia finis bersama Jorge Martin di tempat kedua dan Johann Zarco di podium ketiga.

Berikut ini adalah klasemen sementara MotoGP 2022 (10 Besar):

Fabio Quartararo 147

Aleix Espargaro 125

Enea Bastianini 94

Johann Zarco 91

Francesco Bagnaia 81

Brad Binder 73

Aleix Rins 69

Joan Mir 69

Jack Miller 65

Marc Marquez 60