Jadwal Finalissima 2022 Italia vs Argentina: Pertemuan Kompetitif Pertama setelah 32 Tahun
FOTO/INSTAGRAM @azzurri

Bagikan:

JAKARTA – Pertandingan Finalissima 2022 akan mempertemukan tim nasional Italia dan Argentina. Kedua tim ini merupakan juara Euro 2020 dan Copa America 2021.

Duel kedua negara itu akan berlangsung di Stadion Wembley pada Kamis, 2 Juni pukul 01.45 WIB. Ini merupakan pertemuan kompetitif pertama mereka dalam 32 tahun terakhir.

Finalissima merupakan kerjasama antara uni sepak bola Eropa (UEFA) dan konfederasi sepak bola Amerika Selatan (Conmebol). Ajang ini sebelumnya bernama Artemio Franchi Trophy.

Pertemuan antara Italia dan Argentina merupakan edisi ketiga. Sebelumnya ajang ini digelar di 1985 dan 1993 dengan nama masih Artemio Franchi Trophy.

Gli Azzurri datang sebagai juara Euro setelah menang atas Inggris lewat babak adu penalti di final. Sementara itu, Argentina keluar sebagai juara Copa America setelah menang 1-0 atas Brasil.

Trofi Euro 2020 merupakan trofi kedua bagi Italia dalam sejarah mereka. Namun, mereka datang ke laga melawan Argentina setelah gagal mendapat tiket ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Ini kedua kalinya secara beruntun Gli Azzurri absen dari ajang bergengsi itu. Sebelumnya mereka juga gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.

Di lain sisi, Argentina yang memenangkan Copa America untuk pertama kalinya sejak 1993, hadir ke laga ini dengan bekal tiket Piala Dunia Qatar di tangan mereka.

Lionel Messi dkk. tercatat melewati babak kualifikasi untuk mendapat tiket ke Qatar tanpa menelan kekalahan. Mereka menang sebanyak 11 kali dan imbang sebanyak enam kali dari 17 laga yang dimainkan.

Selain gagal ke Qatar, Italia juga punya statistik kurang bagus saat berjumpa Argentina. Mereka tercatat selalu kalah dalam tiga pertandingan terakhir mereka melawan tim Tango.

Tiga kekalahan terakhir Gli Azzurri itu semuanya terjadi dalam pertandingan persahabatan. Adapun pertemuan kompetitif terakhir mereka terjadi di Piala Dunia 1990, di mana Argentina menang 4-3 melalui adu penalti setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal.

Jadwal Italia vs Argentina di ajang Finalissima:

Kamis, 2 Juni 2022

Stadion Wembley, Inggris

Kick Off 01.45 WIB